Angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah barat laut
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah daerah di 16 provinsi di Indonesia berpotensi terdampak hujan lebat pada Kamis.

"Angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah barat laut dan daratan Indonesia didominasi angin yang bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 5 sampai 40 KM per jam," kata Prakirawan BMKG Efa Septiani saat menyampaikan informasi prakiraan cuaca secara virtual diikuti secara daring di Jakarta.

Ia mengatakan, situasi itu berdampak pada potensi hujan lebat di sejumlah daerah, yakni Aceh yang meliputi Kota Subulussalam, Aceh Selatan, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Tenggara.

Baca juga: Kamis, seluruh Jakarta alami hujan ringan pada siang hari 

Peringatan waspada hujan lebat juga berpotensi melanda Sumatera Utara, yakni Kota Medan, Deli Serdang, Tapanuli Tengah, dan Langkat. Situasi yang sama juga diprediksi melanda Sumatera Barat, tepatnya di Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Dharmasraya, dan Kota Padang.

Masyarakat di wilayah Bengkulu juga perlu mewaspadai potensi hujan lebat yang berpeluang mengguyur Bengkulu Utara dan Mukomuko. Sedangkan di Kepulauan Riau melanda Kota Batam dan Karimun.

Sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat juga diprakirakan terdampak hujan lebat, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Bandung Barat, Subang, Purwakarta, Majalengka, dan Cirebon.

Berikutnya wilayah Jawa Tengah, hujan lebat berpotensi mengguyur Jepara, Pasti, Tegal, Brebes, Purworejo, Kudus, Demak, Wonosobo, Kebumen, dan Banyumas.

Situasi serupa berpotensi melanda Jawa Timur, tepatnya di Malang dan Probolinggo. Hujan lebat di Provinsi Banten berpeluang melanda Lebak.

Baca juga: BMKG: 13 wilayah di Sultra hujan dengan intensitas berbeda

Wilayah Kalimantan Barat meliputi Kota Raya, Kota Pontianak, Mempawah, Kapuas Hulu, Sintang, Sambas, Kota Singkawang, Bengkayang, Sanggau, dan Landak.

Status waspada hujan lebat juga berlaku di Kalimantan Tengah, tepatnya di Murung Raya. hujan lebat di Kalimantan Timur diprakirakan melanda Kutai Timur, Mahakam Hulu, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kota Samarinda.

Hujan lebat juga diprakirakan melanda Kalimantan Utara, tepatnya di Malinau. Sulawesi Barat di Mamuju Tengah dan Mamuju.

Prakiraan hujan lebat di wilayah timur Indonesia diprakirakan melanda Papua Barat, tepatnya di Manokwari Selatan dan Fakfak. Sedangkan di Papua melanda Tolikara, Mamberamo Tengah, Jayawijaya, Yahukimo, Mimika, Asmat, Nduga, Boven Digoel, Pegunungan Bintang, Yalimo, dan Puncak Jaya.

"Perlu diwaspadai juga angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Aceh, Sumatera, Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan juga Kalimantan Selatan," katanya.

Baca juga: BMKG: Tinggi gelombang rendah, perairan Selat Sunda aman dilayari

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023