Untuk masalah perbankan yang diadukan terkait dengan sistem layanan informasi keuangan (SLIK), .....
Kendari (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima sebanyak 788 pengaduan konsumen periode 1 Januari hingga 31 Oktober 2023.

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa ratusan pengaduan tersebut terdiri dari lima laporan pengaduan, yakni terkait perbankan sebanyak 383, industri keuangan non-bank (IKNB) asuransi 25 pengaduan, IKNB pembiayaan 189, pasar modal satu pengaduan, dan terkait financial technology (Fintech) atau teknologi finansial sebanyak 190 pengaduan.

"Untuk masalah perbankan yang diadukan terkait dengan sistem layanan informasi keuangan (SLIK), penipuan, perilaku petugas penagihan, restrukturisasi pembiayaan atau peminjaman, serta legalitas lembaga jasa keuangan (LJK) dan produk," kata Arjaya.

Baca juga: OJK Sulselbar kuatkan pengawasan cegah praktik investasi bodong

Untuk IKNB Asuransi, lanjut Arjaya, pengaduan yang diterima terkait dengan kesulitan klaim, produk atau layanan yang tidak sesuai saat penawaran, persoalan premi, persoalan polis, serta juga legalitas LJK dan produk asuransi tersebut.

"Kalau untuk IKNB pembiayaan, aduannya terkait dengan sistem layanan informasi keuangan, perilaku petugas penagihan, restrukturisasi pembiayaan atau pinjaman, penipuan, serta legalitas LJK dan produk," ujar Arjaya.

Arjaya juga menyebutkan bahwa kedua pengaduan terbanyak setelah pengaduan perbankan, yakni pada Fintech. Pengaduan tersebut terkait dengan perilaku petugas penagihan, legalitas LJK dan produk, restrukturisasi pembiayaan atau pinjaman, sistem layanan informasi keuangan, permasalahan bunga, denda, dan penalti.

"Untuk pengaduan pasal modal terkait dengan pencairan dana saja," jelas Arjaya.

Baca juga: Ekonom minta masyarakat waspadai pinjol ilegal jelang natal-tahun baru

Selain itu, Arjaya juga membeberkan bahwa pihaknya telah melayani masyarakat terkait dengan permintaan SLIK sepanjang Januari hingga Oktober 2023 sebanyak 5.969 orang, dengan permintaan langsung di Kantor OJK sebanyak 3.098 dan untuk permintaan online sebanyak 2.871 permintaan.

"Saat ini untuk jumlah layanan konsumen OJK Sultra sebanyak 6.757 layanan konsumen, terdiri dari 788 pengaduan dan layanan permintaan SLIK sebanyak 5.969," ungkap Arjaya

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023