Hari ini pencarian difokuskan di area perairan dengan cara penyisiran menggunakan dua unit RIB, dua unit LCR, dan dilengkapi aqua eye, kemudian juga dilakukan penyelaman dari BSG dan Polairud
Medan (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Medan mengatakan operasi pencarian korban banjir bandang dan longsor di Desa Silmagulampe, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, menurunkan sejumlah penyelam dari Basarnas Special Group (BSG) dan Polairud.

"Hari ini pencarian difokuskan di area perairan dengan cara penyisiran menggunakan dua unit RIB, dua unit LCR, dan dilengkapi aqua eye, kemudian juga dilakukan penyelaman dari BSG dan Polairud," ujar Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono saat dihubungi dari Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis.

Tim gabungan, lanjutnya, terus melakukan pencarian korban dengan melibatkan ratusan relawan yang terdiri dari berbagai instansi dan organisasi di provinsi itu. 

"Pencarian hari ini melibatkan sedikitnya 538 orang dari berbagai Instansi dan organisasi yang terlibat, yang nantinya akan dibagi menjadi tiga sektor dengan fokus enam titik," kata Budiono.

Baca juga: BNPB: Operasi SAR banjir bandang Humbang Hasundutan dibagi tiga sektor

Tim penyelam, lanjutnya, diturunkan untuk memperkuat tim SAR gabungan yang melakukan perluasan operasi area pencarian di perairan Danau Toba guna menemukan 10 korban yang masih dinyatakan hilang bencana di Humbahas itu. 

Sebelumnya Kepolisian Daerah (Polda) Sumut menurunkan tim penyelam untuk mencari para korban di Danau Toba pasca bencana di Humbahas itu.

"Ada lima personel Dit Polairud Polda Sumut dan satu unit kapal yang diturunkan," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Baca juga: BPBD: 200 warga mengungsi akibat banjir bandang di Humbang Hasundutan

Selain itu Polda Sumut menurunkan unit K9 atau anjing pelacak untuk membantu personel mencari para korban yang hilang.

"Adanya anjing pelacak itu diharapkan dapat membantu kerja personel untuk lebih maksimal lagi dalam pencarian di daerah bencana tersebut," kata Hadi.

Diinformasikan sebanyak 12 orang dilaporkan hilang akibat peristiwa banjir bandang di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, dan tim gabungan telah menemukan dua korban dalam keadaan meninggal dunia.

Baca juga: Basarnas terus cari 12 orang hilang akibat banjir bandang Humbahas

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023