Sementara untuk kerugian material yang dihimpun dalam kaji cepat meliputi 32 unit rumah rusak berat, satu tempat ibadah, satu sekolah, dan satu puskesmas pembantu. Sementara itu warga yang mengungsi diperkirakan mencapai 200 orang
Medan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) memperkirakan sebanyak 200 warga mengungsi akibat banjir bandang dan longsor yang menerjang kawasan di Desa Simangulampe.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logisik BPBD Humbang Hasundutan Ricardo mengatakan banjir yang terjadi pada Jumat (1/12) malam juga menyebabkan puluhan rumah warga dan fasilitas lainnya rusak berat.

"Sementara untuk kerugian material yang dihimpun dalam kaji cepat meliputi 32 unit rumah rusak berat, satu tempat ibadah, satu sekolah, dan satu puskesmas pembantu. Sementara itu warga yang mengungsi diperkirakan mencapai 200 orang," ujar Ricardo saat dihubungi di Medan, Senin.

Baca juga: Gubernur minta BPBD mitigasi bencana usai banjir bandang di Humbahas

Terkait perkembangan penanganan pengungsi yang berjumlah 200 jiwa dari 50 Kepala Keluarga (KK), ia mengatakan seluruh kebutuhan dasar, baik makanan, logistik, dan peralatan lainnya, sudah terpenuhi.

"Pengungsian dipusatkan di Aula Kecamatan Baktiraja, telah didirikan dapur umum oleh Dinas Sosial. Kebutuhan makanan dan yang lainnya sudah tertangani dengan baik," katanya.

Sebelumnya Bupati Humbang Husundutan Dosmar Banjarnahor mengatakan pihaknya bersama bersama tim gabungan menyediakan dua posko untuk korban banjir bandang dan longsor.

Baca juga: Bupati: 14 rumah rusak akibat banjir bandang di Humbang Hasundutan

"Kami menyediakan dua posko untuk para pengungsi yang ditempatkan di Kantor Camat Bakti dan di Gedung Serba Guna HKBP Simangulampe," ucapnya.

Ia mengatakan posko yang ditempatkan di Kantor Camat Bakti menampung sebanyak 80 orang, sedangkan yang di gedung serba menampung 60 orang.

"Setelah disediakan posko, kami juga akan menyediakan bantuan sandang dan pangan untuk para pengungsi," kata Dosmar.

Sementara itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dukungan dana siap pakai berikut logistik dan peralatan untuk menangani banjir bandang dan tanah longsor di wilayah itu.

Baca juga: BNPB beri dana siap pakai tangani banjir bandang Humbang Hasundutan

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023