Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk melakukan mitigasi bencana setelah banjir bandang dan longsor yang menerjang kawasan pemukiman di Desa Simangulampe, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

"Saya meminta BPBD untuk selalu siap siaga dengan berbagai kemungkinan yang terjadi, hal itu bertujuan untuk meminimalisasi hal yang tidak diinginkan," ujar Hassanudin di Medan, Senin.

Menurutnya, BPBD harus meningkatkan mitigasi bencana di wilayah ini, karena saat ini Sumatera Utara memasuki musim hujan. "Saat ini kawasan Danau Toba memasuki musim hujan. Untuk itu, kesiagaan masyarakat sangat diharapkan. Upaya itu bertujuan agar dampak korban bila bencana terjadi bisa diminimalisasi," kata Hassanudin.

Baca juga: Tim SAR perluas pencarian korban banjir bandang Humbang Hasundutan

Sebelumnya, Pj Gubernur Hasaanudin meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada warga Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan yang menjadi korban banjir bandang dan tanah longsor.

Hassanudin yang hadir bersama Pangdam I/BB Sumut Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi didampingi Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan perlengkapan keluarga bagi para pengungsi di Aula Kantor Camat Baktiraja, kabupaten setempat.

"Ini bentuk perhatian kami kepada masyarakat. Atas nama pribadi saya turut prihatin dan menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada bapak/ibu sekalian atas bencana yang terjadi. Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban bapak/ibu," ujarnya.

Hassanudin mengungkapkan saat melihat langsung proses evakuasi dan pencarian korban hilang itu, tim SAR gabungan terlihat mengalami kesulitan, karena banyak material longsor seperti batu-batu besar bertumpuk di lokasi bencana.

Baca juga: Tim SAR perluas pencarian korban banjir bandang Humbang Hasundutan

Baca juga: Basarnas terus cari 12 orang hilang akibat banjir bandang Humbahas


"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur TNI/Polri, Basarnas dan Pemkab Humbahas yang terlibat dalam evakuasi pencarian korban bencana ini," kata Hassanudin.

Diketahui, 12 orang dilaporkan hilang dalam bencana banjir bandang dan longsor yang menerjang kawasan pemukiman di Desa Simangulampe, Kabupaten Humbang Husundutan, Sumatara Utara pada Jumat (1/12) malam.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023