Jakarta (ANTARA) - Pelatih ganda putra Indonesia Aryono Miranat mengatakan dua pasangannya, yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, tengah memaksimalkan persiapan mereka jelang BWF World Tour Finals yang akan digelar di Hangzhou, China, 13-17 Desember.

“Kami harapkan hasil yang baik. Mudah-mudahan bisa lebih padu dan hasilnya lebih bagus,” kata Aryono di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Khusus untuk Fajar yang terakhir dilaporkan menderita cedera pinggang, Aryono mengungkapkan atlet ganda putra peringkat lima dunia itu sedang menjalani terapi agar kondisi fisiknya segera pulih dan prima kembali.

“Untuk Fajar, pinggangnya masih sakit, jadi sekarang masih terapi. Ini persiapan akhir masih ada tiga hingga empat hari lagi. Setelah itu nanti kami perbaiki lagi kekurangan-kekurangannya, siapa tahu bisa lebih yakin lagi dia,” ujar Aryono.

Baca juga: Bagas/Fikri tanggapi kegagalan di dua final turnamen BWF

Adapun cedera pinggang kanan Fajar kambuh saat melakoni babak 16 besar China Masters 2023 pada November. Hal itu menyebabkan ia dan Rian harus menelan kekalahan atas wakil tuan rumah Chen Bo Yang/Liu Yi 11-21, 16-21.

Fajar/Rian berada di peringkat kedua pada delapan besar pasangan ganda putra dunia yang lolos ke World Tour Finals 2023. Sepanjang tahun ini, Fajar/Rian memenangkan dua titel Turnamen BWF Super 1000, yakni Malaysia Open 2023 dan All England 2023.

Mereka juga merupakan runner up pada Turnamen BWF Super 500 Korea Open 2023, lalu menjadi semifinalis di tiga Turnamen BWF Super 750 yaitu Denmark Open, Japan Open, dan India Open 2023.

Sementara itu, masih ada wakil Indonesia lainnya di sektor ganda putra yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang berada di penghujung daftar delapan besar BWF World Tour Finals.

Meski belum meraih satu kemenangan pun di tahun ini, Bagas/Fikri memiliki rekam jejak yang cukup baik di 2023. Mereka adalah finalis di dua Turnamen BWF Super 750 French Open dan Denmark Open 2023, serta finalis di Thailand Open (Super 500) dan Orleans Masters 2023 (Super 300). Selain itu, mereka juga merupakan semifinalis di Thailand Masters 2023 (Super 300).

Tak hanya di sektor ganda putra, Indonesia juga meloloskan dua wakil di tunggal putra, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Sementara di nomor tunggal putri ada Gregoria Mariska Tunjung, dan di ganda putri ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca juga: Pebulu tangkis Indonesia berburu gelar dan poin Olimpiade di Kumamoto
Baca juga: Pelatih beri evaluasi pada lima ganda putra di China Master


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023