yang terlayani kurang lebih ada 56 orang
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantu sebanyak 56 penyandang disabilitas untuk mengakses pelayanan pada stan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di area Dunia Fantasi (Dufan), Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

"Pada saat ini yang terlayani kurang lebih ada 56 orang," kata Sekretaris Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta Yadi Rusmayadi kepada wartawan peliput puncak Hari Disabilitas Internasional 2023 di Jakarta Utara, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk kepentingan itu, pihaknya menurunkan sedikitnya enam petugas dari Dinas Dukcapil untuk melaksanakan pelayanan 'jemput bola'. 

Dinas Dukcapil melayani semua jenis layanan administrasi kependudukan, khususnya yaitu KTP elektronik serta Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Kemudian pelayanan dokumen lainnya seperti Kartu Identitas Anak dan Kartu Keluarga digital.

Baca juga: Heru beri lengan bionik hingga SIM D untuk penyandang disabilitas

Pemberian layanan pergantian KTP elektronik, disebutkan karena ada yang rusak. Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) diberikan karena masih ada yang belum memilikinya.

Lalu pelayanan Kartu Keluarga karena masih ada yang belum mentransformasikan ke Kartu Keluarga digital.

Terakhir, pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) juga diberikan karena Dinas Dukcapil saat ini masih terus berupaya mencapai target layanan 25 persen dari total penduduk sampai 31 Desember 2023.

Sementara itu, salah satu pengunjung Dufan yang ikut menerima layanan Dukcapil Rifqi Zulham (32) menilai adanya stan Dukcapil di Dufan cukup membantu dan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan aktivasi IKD tanpa harus mendatangi kantor Dukcapil.

"Jadi, kita enggak repot, kan? Selain itu bagi disabilitas, tentunya ini sangat praktis dan bermanfaat," kata Rifqi.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Lingkungan ramah disabilitas harus diimplementasikan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023