Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) mengirim tiga rider equestrian U-18 untuk bersaing pada kejuaraan The 1st SEA Youth Cup 2023 yang berlangsung di Thailand.

Dalam keterangan resmi, Kamis, tiga rider equestrian U-18 yang menjadi kontingen Indonesia berasal dari tiga provinsi. Ketiga atlet tersebut adalah Teuku Rifat Renanda Harsya (DKI Jakarta), Muhammad Rafi Musyaffa (Banten), Kim Bo Ram (Jawa Tengah). Ketiga atlet tersebut akan didampingi oleh pelatih nasional Adi Katompo.

“Atlet yang bertanding mengikuti kompetisi Team pada hari Sabtu show jumping dengan ketinggian rintangan 100 cm. Kemudian di hari minggu kompetisi individu show jumping dengan ketinggian rintangan 110 cm,” kata Adi sembari menyampaikan kondisi atlet yang bugar hingga saat ini.

Adi menjabarkan bahwa pada 7 Desember dijadwalkan akan ada pengundian kuda dan dilanjutkan dengan latihan menggunakan kuda yang disediakan oleh penyelenggara. Setelah itu, atlet Indonesia diagendakan akan berlaga pada 9 sampai 10 Desember mendatang.

Kontingen Equestrian Indonesia telah berangkat ke Bangkok kemarin untuk berlaga pada kompetisi yang diselenggarakan khusus untuk rider equistrian muda tersebut.

Federasi Equestrian Internasional (FEI) memberikan kepercayaan bagi South East Asian Equestrian Federation dan juga Thailand Equestrian Federation menyelenggarakan kompetisi tersebut, adapun negara Asia Tenggara yang berpartisipasi selain Indonesia dan tuan rumah Thailand antara lain, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura dan Myanmar.

Seluruh rider akan berlaga pada kompetisi yang menggunakan sistem “Borrowed Horse”, yang mana tuan rumah menyediakan kuda-kuda yang akan di undi oleh peserta dan akan dicoba peserta dalam waktu yang ditentukan sebelum akhirnya bertanding.

Baca juga: PP Pordasi siap intensifkan pembinaan olahraga berkuda untuk prestasi

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023