Kemacetan mulai muncul di mana-mana, terbatasnya lahan parkir kendaraan juga menimbulkan masalah tersendiri, ....
Magelang (ANTARA) -
Kota Magelang, Jawa Tengah, melakukan pencanangan Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU) bertempat di Terminal Tidar.

Wali Kota Magelang dalam sambutan  yang disampaikan Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Magelang Handini Rahayu di Magelang, Kamis, mengatakan pertambahan jumlah kendaraan pribadi yang melampau batas telah menimbulkan banyak persoalan, khususnya di perkotaan.

"Kemacetan mulai muncul di mana-mana, terbatasnya lahan parkir kendaraan juga menimbulkan masalah tersendiri, polusi udara yang mencemari lingkungan kian mengkhawatirkan, demikian juga dengan tingkat kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas juga semakin meningkat," katanya.

Baca juga: Indonesia dan Arab Saudi bahas peluang kerja sama transportasi

Di Kota Magelang sendiri, katanya tidak bisa dipungkiri saat ini jalan-jalan mulai penuh dengan kendaraan pribadi. Kota Magelang yang lokasinya terletak antara kota besar seperti Semarang dan Yogyakarta pasti mengalami kepadatan lalu lintas saat akhir pekan atau saat pada hari-hari libur.

"Atas nama pribadi dan pemerintah Kota Magelang tentunya saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini," kataya.

Perkembangan dan kualitas pelayanan kendaraan umum utamanya bus, saat ini sudah mengalami peningkatan yang sangat baik, memberikan kenyamanan yang lebih baik, bahkan dapat dikatakan selevel dengan pesawat terbang kelas bisnis atau kereta api kelas eksekutif dan tentu saja dengan tarif yang lebih ekonomis.

"Saya sangat berharap melalui kegiatan ini akan tersampaikan konsep-konsep serta dapat muncul gagasan maupun ide cemerlang untuk membawa kembali masyarakat menggunakan trsnsportasi umum dalam beraktivitas," katanya.

Baca juga: Pakar UI: Sistem penggerak kendaraan listrik kunci transportasi bersih

Bisa dikatakan selaras dengan tema kegiatan ini, katanya, diibaratkan naik bus akan senikmat makan durian, yang membuat masyarakat ingin kembali dan kembali lagi untuk selalu menggunakan angkutan umum yang ada.

Oleh karena itu, katanya, masalah-masalah yang terkait dengan kemacetan dan lain-lain nantinya dapat berkurang secara signifikan.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023