Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat agar waspada pasca ditemukan peningkatan kasus COVID-19 dalam beberapa waktu belakangan.

Kemunculan subvarian baru dari Omnicron, yaitu EG.2 dan EG.5 meningkatkan jumlah akumulasi kasus penduduk terpapar virus tersebut.
 
Selain berita tentang COVID-19, topik yang juga populer dalam kanal humaniora Antaranews.com pada Kamis (7/12) kemarin, adalah seleksi petugas haji 2024.
 
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama resmi membuka pendaftaran seleksi petugas haji mulai 7-17 Desember 2023. Hasil seleksi tingkat provinsi akan diumumkan pada 11 Januari 2024.
 
Berikut rangkuman berita terpopuler selengkapnya di sini:
 
 
Pakar: Kenaikan COVID-19 di Indonesia perlu diwaspadai
 
Pakar Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan tren peningkatan laju kasus COVID-19 di Indonesia dan sejumlah negara lain masih perlu diwaspadai, meski secara global menurun.
 
Kementerian Kesehatan melaporkan kasus harian COVID-19 di Indonesia bertambah 35-40 kasus per 6 Desember 2023, dengan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tercatat 60-131 orang.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Pendaftaran seleksi petugas haji 2024 dibuka hari ini, ini syaratnya
 
Pendaftaran seleksi petugas haji sudah dibuka untuk slot Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kelompok Terbang (Kloter) dan PPIH Arab Saudi hingga 17 Desember 2023.
 
Seleksi berlangsung berjenjang mulai tingkat kabupaten/kota. Para peserta yang memenuhi persyaratan harus mengikuti computer based test atau CAT.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Universitas Indonesia raih kampus paling berkelanjutan se-Asia
 
Universitas Indonesia meraih predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Asia pada kategori The Most Sustainable Universities atau kampus paling berkelanjutan dan di peringkat 24 dunia versi UI GreenMetric World University Rankings 2023.
 
Seluruh area Universitas Indonesia yang ada di Depok, Jawa Barat, sebanyak 50 persen kawasan merupakan hutan, 9 persen danau atau kawasan konservasi air, dan 70 persen adalah ruang terbuka hijau.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
PVMBG: Terjadi 464 kali erupsi Gunung Ile Lewotolok selama November
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mengatakan berdasarkan evaluasi aktivitas gunung tersebut terjadi 464 kali erupsi selama November 2023.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Fatir korban perundungan di Bekasi meninggal dunia
 
Fatir Arya Adinata (12) siswa asal Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang menjadi korban perundungan hingga menjalani operasi amputasi kaki dikabarkan meninggal dunia.
 
Sebelumnya, pihak keluarga telah melaporkan kasus perundungan tersebut ke Polres Metro Bekasi. Kepolisian pun telah menetapkan satu tersangka atas kasus perundungan tersebut.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023