Penghargaan sistem meritokrasi atas penerapan sistem merit dalam manajemen ASN pada kategori III
Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau meraih predikat "baik" pada Anugerah Meritokrasi tahun 2023 yang diselenggarakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Yogyakarta.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Natuna Muhammad Alim Sanjaya saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Jumat mengatakan, penghargaan tersebut diberikan oleh KASN usai Pemkab Natuna mampu menjalankan manajemen sistem merit dengan baik.

Ia menyebut ada empat kategori pada Anugerah Meritokrasi, keempat kategori itu meliputi kategori I (buruk), II (kurang), III (baik) dan IV (sangat baik).

Sedangkan aspek yang dinilai sambung dia, meliputi perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan, serta sistem informasi.

Ia menyebut capaian tersebut merupakan salah satu bukti bahwa instansi di lingkungan Pemkab Natuna bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan fungsi, pasalnya capaian penilaian tahun 2023 mengalami peningkatan dari tahun 2022.

Baca juga: Pemkab Bogor raih predikat "Sangat Baik" Anugerah Meritokrasi 2023
Baca juga: KASN beri penghargaan Meritokrasi 2023 kepada Pemkot Banjarbaru


Menurut dia, di tahun 2022 Pemkab Natuna hanya meraih kategori II atau kurang.

"Penghargaan sistem meritokrasi atas penerapan sistem merit dalam manajemen ASN pada kategori III (Baik) dengan nilai 265 dan indeksi 0,64," ucap dia.

Selain Natuna, kata dia, Provinsi, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang juga mendapatkan penghargaan tersebut.

"Provinsi mendapatkan predikat sangat baik, Kabupaten Bintan serta Kota Tanjungpinang dengan predikat baik," ujar dia.

Menurutnya capaian tersebut merupakan hasil dari koordinasi dan kerja keras para pimpinan dan para pegawai di lingkungan Pemkab Natuna.

"Target Kabupaten Natuna untuk tahun berikutnya yaitu meningkatkan aspek pengembangan karier dan promosi serta mutasi agar lebih baik lagi," kata dia.

Baca juga: KASN sebut meritokrasi di Indonesia memasuki fase transisi penting
Baca juga: ICW: Pastikan pengawasan meritokrasi tetap baik jika KASN dibubarkan
Baca juga: Menteri PAN-RB: Meritokrasi kunci membangun birokrasi berkelas dunia

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023