Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) mengoptimalkan sejumlah persiapan menyambut kegiatan Hari Nusantara yang akan digelar di Kepulauan Tidore, Maluku Utara, pada 10-13 Desember 2023.

"Kami telah mempersiapkan sarana penyeberangan dari Ternate ke Tidore. Dimana di sana ada Pelabuhan Bastiong dan Pelabuhan Rum yang telah kami percantik sehingga bisa melayani penyeberangan bagi wisatawan dan peserta kegiatan ini,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) yang ditugaskan menjadi Ketua Bidang Acara Puncak pada kegiatan Hari Nusantara telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait baik itu kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk menyukseskan acara tahunan tersebut.

Ditjen Hubdat juga mempersiapkan sarana dan prasarana infrastruktur transportasi pendukung acara yang bertemakan "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah".

Tidak hanya itu, tambahnya, pihaknya telah memasang lampu penerangan jalan di Tidore dan pada saat acara berlangsung, Ditjen Hubdat akan mempersiapkan angkutan darat 30 minibus yang akan mengantar masyarakat dari Ternate ke pelabuhan, menyeberang lalu menuju ke lokasi acara dan fasilitas minibus tersebut disiapkan secara gratis.

Amirulloh juga mengatakan bahwa untuk transportasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang telah memperpanjang dermaga di Pelabuhan Trikora, Tidore sehingga bisa digunakan sandar kapal berbadan besar.

“Kami juga ingin sampaikan bahwa nanti pada acara Hari Nusantara di Tidore akan ada hotel terapung. Dimana Kapal Tatamailau milik PT. Pelni (Persero) dengan kapasitas 1.000 orang penumpang bisa digunakan untuk menginap di kapal tersebut,” katanya.

Sedangkan dari sektor transportasi udara Bandara Baabullah di Ternate sedang dilakukan rehabilitasi. Dimana mendekat ke Hari Nusantara mendatang akan bisa melayani calon penumpang dari luar Maluku Utara yang menggunakan moda transportasi udara.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim mengatakan sejumlah rangkaian acara telah disiapkan mulai tanggal 10 Desember hingga puncaknya pada 13 Desember. Mulai dari Pameran Nusantara, Expo Nusantara dan juga tidak ketinggalan suguhan karnaval budaya dan tarian dari Tidore. Tidak kalah menariknya pada acara puncak dan untuk menghibur masyarakat dan pengunjung nanti juga hadir band papan atas, SLANK.

Seperti yang diketahui bahwa pada 13 Desember mendatang diperingati sebagai hari Nusantara. Dipilih tanggal tersebut karena memperingati Deklarasi Juanda yang berisi tentang pernyataan mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah teritorial yang menyatu dengan wilayah daratan sehingga semua perairan yang menghubungkan daratan adalah bagian dari negara kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: KSOP Ternate buka pelayaran 24 jam untuk Hari Nusantara
Baca juga: Pelni sediakan akomodasi terapung gratis dukung Hari Nusantara 2023
Baca juga: Jubir Kemenhub ungkap alasan Tidore menjadi lokasi Hari Nusantara 2023

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023