Mayoritas distribusi volume lalu lintas baik yang keluar wilayah Jabotabek menuju timur/Trans Jawa dan Bandung mencapai 46,7 persen
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) menyiapkan langkah dalam menghadapi peningkatan arus lalu lintas (lalin) kendaraan pada jalan tol yang dikelolanya, terutama di Jalan Tol Trans Jawa menjelang periode libur Natal dan tahun baru.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyebutkan peningkatan lalu lintas kendaraan tertinggi pada ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga saat periode libur Natal dan tahun baru, diprediksi menuju ke arah timur atau Jalan Tol Trans Jawa.

"Mayoritas distribusi volume lalu lintas baik yang keluar wilayah Jabotabek menuju timur/Trans Jawa dan Bandung mencapai 46,7 persen yang kemudian diikuti oleh lalu lintas yang menuju barat/Merak sebesar 30,9 persen dan menuju selatan sebesar 22,4 persen," kata Subakti dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan dalam paparannya saat Rapat Kunjungan Kerja Reses yang diselenggarakan oleh Komisi V dan Komisi VI DPR RI di Surabaya, Jawa Timur.

Untuk menghadapi lonjakan lalu lintas ini, tambahnya, Jasa Marga terus melakukan koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral yang intensif dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Adapun koordinasi dan kolaborasi tersebut dilakukan bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator PMK, Kementerian PUPR (Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol), kepolisian (Korlantas dan Polda) serta pemerintah daerah setempat.

Subakti juga menjelaskan kesiapan Jasa Marga dalam memberikan pelayanan selama libur panjang Natal dan tahun baru di wilayah Jawa Timur, dengan terus meningkatkan layanan preservasi, peningkatan layanan operasional, peningkatan layanan rest area, hingga pengoperasian ruas baru.

"Kesiapan Jasa Marga dalam mengawal Nataru 2023/2024 di wilayah Jawa Timur, di antaranya dapat dilihat dengan peningkatan kapasitas lajur di Jalan Tol Surabaya-Gempol segmen Sidoarjo sampai Porong (KM 757 s.d KM 762) semula 2 lajur menjadi 3 lajur (Jalur A & B)," ujar Subakti

Selain itu, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto juga terintegrasi dengan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) di KM 724 SS Wringinanom pada periode libur di Natal-tahun baru kali ini

Pengoperasian rest area di ruas jalan tol wilayah Jawa Timur adalah sebanyak 14 lokasi dengan penambahan kapasitas parkir, kebersihan bilik toilet dan masjid di KM 725 A Surabaya-Mojokerto.

Lalu penyediaan cadangan air bersih, memastikan kecukupan BBM untuk para pengendara, penambahan petugas, posko kesehatan dan polisi, serta rubbercone untuk contraflow.


Baca juga: Jasa Marga raih pendapatan Rp11 triliun hingga kuartal III 2023
Baca juga: Pengelola tol tambah tempat istirahat pengemudi di seluruh "rest area"
Baca juga: Jasa Marga tak usul diskon tarif tol selama libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023