Selain kondisi jalan yang rusak, pada jalur alternatif juga masih minim rambu-rambu lalu lintas."
Batang (ANTARA News) - Unit Pelayanan Perhubungan Wilayah Pekalongan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Jawa Tengah (Jateng) menyatakan kesiapannya memasang 216 rambu lalu lintas pada beberapa titik ruas jalur alternatif dan jalan provinsi di wilayah Kabupaten Pekalongan dan Batang.

Kepala UPP Wilayah Pekalongan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Jateng, Ginaryo, Kamis, mengatakan bahwa dari hasil pantauan diketahui banyaknya rambu lalu lintas pada ruas jalur alternatif hilang sehingga kondisi itu akan membahyakan para pengguna jalan.

"Oleh karena itu, kami siap segera memasang sebanyak 216 rambu lalu lintas di beberapa titik jalur alternatif di wilayah Kabupaten Pekalongan dan Batang," katanya.

Menurut dia, minimnya rambu lalu lintas di beberap titik jalur alternatif itu karena diduga dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Pencurian rambu-rambu lalu lintas ini selain mengakibatkan kerugian materi juga akan membayakan keselamatan jiwa manusia. Oleh karena itu kami mengimbau pada masyarakat ikut menjaga keberadaan rambu lalu lintas itu," katanya.

Kepala Satuan lalu Lintas Polres Batang, AKP Dax Manupputy mengatakan bahwa dari hasil pantauan jajaran Polres Batang dan Dishubkominfo Jateng, pada Kamis (18/7), masyarakat harus hati-hati saat melintas di beberapa jalur alternatif karena kondisi jalan masih rusak.

"Selain kondisi jalan yang rusak, pada jalur alternatif juga masih minim rambu-rambu lalu lintas. Kami mendapati rambu-rambu jalur alternatif kurang jelas sehingga dikhawatirkan pemudik tidak bisa mengetahuinya," katanya.

Ia mengatakan polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas dari jalan utama menuju jalur alternatif jika terjadi penumpukan arus lalu lintas kendaraan di jalan raya pantura.

"Oleh karena itu, untuk menghindari penumpukan arus lalu lintas, kami mengimbau para pengguna jalan selalu tertib dan disiplin berlalu lintas. Kepadatan arus mudik diperkirakan akan semakin meningkat menjelang Lebaran sehingga kami mengimbau para pengguna jalan juga harus hati-hati dan waspada," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013