... saya pompa semangat mereka agar mereka berlatih untuk menang... "
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, mengunjungi tiga pelatnas dan menyatakan cukup senang melihat keseragaman latihan para atlet.

"Tinggal saya pompa semangat mereka agar mereka berlatih untuk menang," kata Suratman, seusai mengunjungi pelatnas cabang panahan, angkat besi, dan muathay, di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Kunjungan Suratman ke pelatnas cabang-cabang olahraga yang akan dipersiapkan untuk SEA Games 2013 Myanmar itu sudah beberapa kali dilakukan, di antaranya sebelumnya juga telah mengunjungi pelatnas biliar, wushu, karate.

Di depan para atlet Suratman selalu mengingatkan agar atlet berlatih dengan keras meskipun prasarana dan sarana latihan belum bisa maksimal.

"Bagus kalau pakaian atlet mampu beli sendiri," kata dia, ketika bertanya kepada salah seorang atlet cabang muathay.

Cabang muathay sudah melakukan tahap 100 persen pelatnas dengan kekuatan 14 atlet.

Sementara itu ketika meninjau cabang panahan, Suratman terjun langsung melihat atlet yang berlatih memanah dan melihat hasil bidikan atlet di papan target.

Pelatih panahan, Daniel Tumalesil, yang mengawasi latihan atlet panahan mengatakan cabang panahan akan berusaha mengulang sukses meraih empat medali emas seperti saat SEA Games lalu di Indonesia.

"Target kami mempertahankan apa yang kami peroleh pada SEA Games lalu empat emas, kalau bisa lebih," kata Tumalesil.

Dikatakannya, cabang panahan sudah mencapai tim inti dengan kekuatan 16 atlet yang akan berlaga di dua nomor recurve dan compound untuk perorangan dan beregu.

"Ini sudah 100 persen, ini sudah tahap kualifikasi," katanya.

Ketika ditanya tentang pemusatan latihan, dia mengatakan akan mencari tempat yang sama dengan kondisi Myanmar yang berangin.

"Karena tidak ada dana latihan di Australia dan Korea batal, kami akan pilih antara Puncak atau di Bedugul Bali sebagai pusat latihan," tambahnya.

Tentang uji coba atlet ke luar negeri, pelatih itu mengatakan, akan mengirim atlet ke kejuaraan World Cup di Polandia pada Agustus dan ke Turki pada Oktober untuk kejuaraan dunia.

"Ada dua uji coba di Polandia dan Turki, dan terakhir di ISG Palembang," katanya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013