Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya bermain imbang 1-1 saat melawan Persija Jakarta dalam laga pekan ke-22 Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu sore.

Persija terlebih dahulu mencetak gol melalui Maciej Jacek Gajos pada menit ke-7. Sedangkan gol balasan Persebaya dicetak oleh Bruno Moreira pada menit ke-25.

Dari hasil pertandingan tersebut Persebaya naik satu peringkat ke-13 dengan total 24 poin dari 20 pertandingan. Sementara Persija tetap di posisi ke-9 dengan total poin 29 dari 22 pertandingan.

Jalannya pertandingan pada babak pertama, Persija langsung menyerang pertahanan tuan rumah dengan permainan taktis umpan-umpan pendek, namun para penggawa Persebaya masih bisa meredamnya.

Kedua tim yang saling menyerang membuat permainanenjadi terbuka. Persija berhasil membobol gawang Persebaya pada menit ke-7 lewat tendangan keras dari Gajos, yang berdiri bebas di kotak penalti tuan rumah.

Skor sementara berubah menjadi 0-1, kemenangan untuk klub yang berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Setelah kebobolan, anak asuh Uston Nawawi mencoba menyerang pertahanan Persija, Robson Duarte pada menit ke-10 menjajal peruntungannya dengan menendang di area penalti lawan setelah menerima umpan dari Kasim Botan. Sayang sepakannya tidak mengarah ke gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

Baca juga: Pelatih Persija: Pertandingan lawan Persebaya hal yang sulit

Giliran Paulo Henrique pada menit ke-17 membuat peluang bagi Persebaya, namun sundulannya hasil umpan dari Arief Catur belum bisa bersarang ke gawang klub asuhan Thomas Doll itu.

Setelah menggempur pertahanan Persija, akhirnya Persebaya berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan kaki kanan Bruno pada menit ke-25, yang tidak mampu di tahan oleh penjaga gawang Andritany. Skor sementara berubah menjadi 1-1.

Persebaya yang bisa menyamakan kedudukan terus menyerang pertahanan klub asal DKI Jakarta tersebut, hasilnya Paulo berhasil membobol gawang Persjia, namun dianulir wasit karena sudah terlebih dahulu dalam posisi offside.

Persija beberapa kali melakukan intervensi serangan dan masuk ke dalam kotak penalti dari tuan rumah, namun pemain belakang Persebaya masih sigap untuk menghadang.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum kedudukan masih tetap 1-1.

Babak kedua, klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut langsung melakukan serangan dan berhasil membuat peluang melalui penyerangnya Paulo pada menit ke-46, namun tendangannya masih bisa ditepis oleh penjaga gawang lawan.

Tak mau kalah, para penggawa Macan Kemayoran juga menyerang pertahanan Bajol Ijo, bahkan terjadi sekelumit di area penalti Persebaya. Namun Ernando Ari bisa sigap menjaga gawangnya.

Penggawa asing Persebaya Robson Duarte kembali menunjukkan perannya, terhitung dua kali, pemain asal Brazil tersebut mengarahkan bola ke arah gawang pada menit ke-60 dan 61, namun belum bisa merubah skor.

Pemain belakang Persebaya Yan Victor, pada menit ke-67 juga membuat peluang melalui tendangannya dari luar kotak penalti, namun masih melebar ke kanan gawang Persija.

Baca juga: Uston: Persebaya lakukan persiapan sebaik mungkin hadapi Persija

Victor kembali membuat peluang melalui sundulannya pada menit ke-74, namun Andritany berhasil menepisnya dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Persija yang sedari tadi diserang, hanya mengandalkan serangan balik, dan sesekali melepas tendangan ke arah gawang yang dijaga Ernando.

Hingga wasit Nendi Rohaendi asal Bandung meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, kedudukan kedua tim tetap 1-1.

Selanjutnya, Persebaya akan menjamu Persis Solo pada Rabu, 13 Desember 2023 di Stadion GBT Surabaya.

Sementara, Persija pada hari yang sama akan menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Daftar susunan pemain kedua tim:

Persebaya:
Ernando Ari Sutaryadi (PG), Arief Catur Pamungkas, Reva Adi Utama (K), Song Ui Young, Paulo Henrique Santos De Azevedo, Kadek Raditya Maheswara, Silva Paixao Yan Victor, Robson Carlos Duerte, Muhamad Kasim Botan, Muhammad Hidayat, Bruno Moreira Soares.
Pelatih Sementara: Uston Nawawi

Persija:
Andritany Ardhiyasa (K), Ryo Matsumura, Maciej Jacek Gajos, Firza Andika, Hanif Abdurrauf Sjahbandi, Loliver Saludares Bias, Hansamu Yama Pranata, Resky Fandi Witriawan, Muhammad Ferarri, Muhammad Rayhan Hannan, Rizky Ridho Ramadhani.
Pelatih: Thomas Doll

Baca juga: Thomas Doll beberkan dua masalah terbesar Persija saat ini

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023