Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan LKBN ANTARA pada Sabtu (9/12), mulai dari Survei New Indonesia menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menembus angka 50 persen hingga e-Wallet disebut jadi sarana baru politik uang.

Berikut rangkuman berita politik kemarin untuk kembali Anda simak.

1. Survei New Indonesia: Prabowo-Gibran tembus 50 persen lebih

Temuan survei New Indonesia research & consulting menunjukkan elektabilitas pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka telah menembus lebih dari 50 persen memasuki akhir tahun 2023.

Hasil survei tersebut mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh dengan elektabilitas mencapai 50,5 persen dalam simulasi tiga pasang capres-cawapres. Ganjar Pranowo yang didampingi Mahfud MD tertinggal sebesar 26,0 persen dengan posisi ketiga ditempati oleh Anies Baswedan yang berduet dengan Muhaimin Iskandar, hanya 15,3 persen dan sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab 8,2 persen.

Selengkapnya di sini.

2. HISNU ingatkan NU tidak boleh terlibat politik praktis

Koordinator Nasional Himpunan Santri Nusantara (HISNU) Yusuf Hidayat mengingatkan bahwa Nahdatul Ulama (NU) tidak boleh terlibat politik praktis.

Oleh karena itu dia meminta Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menegur oknum Muslimat NU yang telah menggelar deklarasi dukungan kepada salah satu pasangan capres-cawapres.

"PBNU harus menegur oknum-oknum yang mencatut nama Muslimat NU untuk kepentingan politik praktisnya. Hal ini pernah dilakukan oleh PBNU kepada PCNU yang dinilai telah melanggar keputusan khitthah 1926 NU," kata Yusuf Hidayat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.

3. Bawaslu RI: e-Wallet jadi sarana baru "money politic" Pemilu 2024

Bawaslu RI menyampaikan e-Wallet (dompet digital) berpotensi menjadi sarana baru praktik money politic atau politik uang menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Koordinator Tenaga Ahli, Bawaslu RI, Bachtiar Baetal, di Serang, Banten, Sabtu, mengatakan, narasi politik uang kerap kali muncul pada setiap perhelatan Pemilu, termasuk praktik politik uang menggunakan sarana e-Wallet pada kontestasi Pemilu 2024.

Selengkapnya di sini.

4. Survei NEW INDONESIA: Kepuasan terhadap Jokowi tertinggi sejak 2020

Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan sebanyak 82,3 persen publik merasa puas dipimpin Presiden Joko Widodo, naik sepanjang tahun 2023 dan paling tinggi sejak 2020 silam.

Di antara yang merasa puas terhadap Jokowi, tercatat 9,8 persen bahkan merasa sangat puas. Hanya 15,8 persen yang menyatakan tidak puas, di antaranya 1,0 persen merasa tidak puas sama sekali, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab sebanyak 1,9 persen.

Selengkapnya di sini.

5. Buruh pelabuhan di Cilincing deklarasi dukung Prabowo-Gibran

Buruh pelabuhan di Cilincing, Jakarta Utara, mendeklarasikan dukungan mereka kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Deklarasi buruh pelabuhan Indonesia mendukung kemenangan Prabowo-Gibran 02 menuju Indonesia maju. Kami yang berkumpul di sini adalah buruh pelabuhan dari seluruh Indonesia dengan ini berjanji akan tetap setia,” kata Ketua Buruh Pelabuhan Subahan, di Rusun Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023