Jakarta (ANTARA) -
DPP PDI Perjuangan (PDIP) melanjutkan safari politik ke beberapa daerah di Provinsi Banten, Minggu, untuk mendukung pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilakukan bergantian dengan agenda kunjungan istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti, ke Jawa Barat beberapa hari sebelumnya.

"Saya didampingi Pak Abdullah Azwar Anas, kader dari PDI Perjuangan, dan Kiai Zainal yang selama kampanye (Pemilu) 2019 juga ikut safari politik," kata Hasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu mengatakan safari politik tersebut bertujuan agar para kader banteng moncong putih itu semakin semangat memenangkan Ganjar-Mahfud, khususnya di wilayah Banten.

"Ini ditujukan untuk menggelorakan semangat juang dari seluruh simpatisan dan kader PDI Perjuangan dimulai dari Lebak, Pandeglang, Serang," tambah Hasto.

Baca juga: Hasto: Banten sangat penting untuk kemenangan Ganjar-Mahfud

Dia mengatakan seluruh kader partai pendukung sampai relawan Ganjar-Mahfud sudah solid bergerak memenangkan kandidat usungan PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo itu.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno hingga Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa, dan Gatot Eddy Pramono juga terus bergerak melakukan kampanye.

"Pak Sandiaga Uno, Ibu Siti Atikoh, Alam Ganjar Pranowo, Pak Andika Perkasa, Pak Gatot, jadi semua tim bergerak. Kemudian Pak Arsjad Rasjid (Ketua TPN Ganjar-Mahfud) juga terus melakukan langkah konsolidasi terhadap pelaku dan pengusaha nasional serta UMKM untuk satu napas memenangkan Ganjar-Mahfud," ujarnya.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud sebut tak akan gunakan kampanye hitam untuk menang

Safari politik di Banten itu diisi dengan kegiatan konsolidasi internal, seperti yang dilaksanakan di Lebak, Pandeglang, dan Serang.

Safari tersebut akan dilanjutkan pada Senin (11/12) di Kota Serang dengan kegiatan Senam Sicita yang dihadiri Siti Atikoh. Setelah itu, konsolidasi pemenangan Ganjar-Mahfud dilakukan di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar Pranowo awali akhir pekan dengan berolahraga di CFD

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023