PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan para pemimpin Israel dan Palestina harus menunjukkan keberanian dan pertanggungjawabannya untuk memajukan pembicaraan damai yang dihidupkan lagi Amerika Serikat, demikian AFP.

Ban menyambut pengumuman Menteri Luar Negeri AS John Kerry bahwa satu kesepakatan telah dicapai untuk melanjutkan pembicaraan antara kedua negara itu yang dibekukan sejak September 2010, kata juru bicara PBB Martin Nesirky.

Ban, yang menjadi anggota dari kuartet proses perdamaian bersama AS, Rusia dan Uni Eropa, memuji upaya-upaya Kerry serta keputusan Israel dan Palestina untuk kembali ke meja perundingan.

"Dia terbesarkan oleh perkembangan positif ini dan menyeru kedua belah pihak untuk menunjukkan kepemimpinan, keberanian dan pertanggungjawaban untuk menopang upaya ini ke arah tercapainya visi dua negara," sambung Nesirky.

"PBB akan mendukung upaya-upaya keras ke arah negosiasi yang bermakna dan ke arah pencapaian perdamaian yang komprehensif di kawasan ini," kata dia.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013