Jangan asal-asalan dalam menyusun RPJPD karena jaminannya adalah masyarakat, yang akan merasakan manfaat dan baik buruknya rancangan tersebut
Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengharapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dapat mensejahterakan masyarakat setempat.

“Tentu apa yang telah dirumuskan dalam RPJPD dapat menjadi acuan untuk pemimpin daerah ini ke depan dalam merancang arah pembangunan yang dapat mensejahterakan masyarakat di 139 kampung dan lima kelurahan,” kata Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat dihubungi ANTARA, di Sentani, Minggu.

Menurut Pj bupati, dalam penyusunan RPJPD harus memiliki visi, imajinasi sehingga hasil yang diperoleh benar-benar dapat menyentuh semua lapisan masyarakat.

“Jangan asal-asalan dalam menyusun RPJPD karena jaminannya adalah masyarakat, yang akan merasakan manfaat dan baik buruknya rancangan tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan penyusunan RPJPD secepatnya terealisasi sehingga dapat segera didorong ke KPU Kabupaten Jayapura untuk menjadi acuan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) yang akan maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) September 2024.

“Saya harap penyusunannya harus menatap ke depan harapan dan keinginan masyarakat daerah ini seperti apa, rancangan strategis pembangunan seperti apa yang akan dibangun ke depan harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Dia menambahkan, RPJPD yang disusun selain prioritas dan harapan masyarakat Kabupaten Jayapura tetapi juga mengikuti arah kebijakan nasional.

“Kebijakan nasional yang saya maksud ialah semua daerah termasuk Kabupaten Jayapura harus menyusun program menuju Indonesia emas pada 2045, di samping program unggulan dari daerah tersebut,” ujarnya.

Baca juga: BPBD imbau waspada cuaca ekstrem di Jayapura pada awal Desember

Baca juga: Pemkab Jayapura dukung petani OAP Rp1 miliar tingkatkan ekonomi

Baca juga: Pj Bupati Jayapura: OPD harus transparan sampaikan realisasi anggaran



 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023