Tokyo (ANTARA) - Diaspora di Jepang di Shiba Park, Tokyo pada Minggu mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilu 2024.

“Kami, WNI di Jepang, dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab mengambil langkah berani, mendukung visi misi Anies Baswedan dan Muhaimin sebagai calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia dalam pemilihan umum 2024,” demikian deklarasi tersebut yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Pusat Informasi dan Pelayanan PKS Jepang Dedy Saprudin yang diikuti oleh para peserta.

Terdapat empat poin utama yang disampaikan dalam deklarasi tersebut, di antaranya menyosialisasikan visi misi serta program kerja pasangan AMIN secara aktif kepada masyarakat Indonesia yang berada di Jepang.

Kedua, memobilisasi dukungan dari seluruh elemen WNI di Jepang melalui aktivitas kampanye, kegiatan sosial, dan penguatan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak.

Ketiga, memberikan edukasi politik, khususnya pemahaman tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan umum untuk memilih calon wakil rakyat serta calon pemimpin negara yang terbaik.

Terakhir, melakukan pengawalan dan pengawasan terhadap proses pemilu agar terselenggara secara jujur, adil, transparan dan demokratis.

“Kami yakin bahwa kepemimpinan Anies Baswedan dan Muhaimin akan membawa perubahan ke arah kebaikan bagi Indonesia,” lanjutnya.

Kegiatan deklarasi tersebut dimulai sejak pukul 11.00 hingga berakhir pada 16.00 waktu setempat yang dihadiri oleh berbagai warga negara Indonesia dari berbagai wilayah di Jepang, seperti Tokyo, Chiba, Saitama, Kanagawa, Shizuoka, Nara dan Osaka.

Peserta sebagian besar merupakan kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera. Namun, terdapat pula perwakilan Partai Nasional Demokrat.

Turut hadir pula Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal dalam kegiatan deklarasi pada hari terakhir kampanye luar negeri tersebut.

Kegiatan juga meliputi salat berjamaah, pembacaan puisi, senam kebugaran dan pembacaan doa bersama untuk saudara-saudara di Palestina.

Baca juga: 12 diaspora Indonesia di Jepang raih Ambassador Award
Baca juga: Mendag: Diaspora Indonesia berperan kembangkan produk halal
Baca juga: Diaspora Muslim Indonesia bagikan donasi kepada tunawisma Jepang


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023