Balikpapan (ANTARA) - Sembilan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Senin-Selasa (11-12/12), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Kecuali Kota Bontang, semua atau sembilan daerah di Kaltim diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Minggu.

Baca juga: Hujan lebat disertai petir diperkirakan landa sejumlah kota besar

Semua pihak diimbau waspada terhadap dampak yang bisa ditimbulkan akibat peristiwa tersebut seperti jalan licin, sungai meluap, banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang akibat terpaan angin.

Sembilan daerah ini adalah Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Berau, dan Penajam Paser Utara.

Pada Senin sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan lebat disertai petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan di Kota Balikpapan, yakni Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, dan Balikpapan Tengah.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat landa daerah di 16 provinsi

Senin sekitar pukul 23.00 Wita hingga Selasa dini hari, hujan lebat disertai petir diprakirakan terjadi di sebagian besar kecamatan di Balikpapan, kemudian Selasa pagi hujan ringan di sebagian besar wilayah Balikpapan.

Di Kabupaten Penajam Paser Utara, hujan lebat disertai petir diprakirakan terjadi pada Senin sekitar pukul 17.00-20.00 Wita di Kecamatan Penajam, Waru, dan Babulu. Pada pukul 23.00 Wita dan Selasa dini hari hujan disertai petir di Kecamatan Penajam dan Sepaku.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat disertai angin kencang di Banten hari ini

Di Kota Samarinda, hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 23.00 Wita di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan, sedangkan mulai pukul 23.00 Wita hingga Selasa pagi, semua kecamatan di Samarinda diprakirakan hujan ringan.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023