Jangan sampai republik ini dipimpin oleh orang yang punya rekam jejak pelanggaran HAM, apalagi ....
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dan Mahfud Md., Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa pasangan calon presiden dan calon presiden nomor urut 3 itu memiliki komitmen terhadap hak asasi manusia (HAM) yang menjadi panggilan jiwa mereka.

Hal itu disampaikan Hasto dalam safari politiknya di Serang, Banten. Dia menjawab pertanyaan awak media mengenai tema debat perdana capres/cawapres pada hari Selasa (12/12) yang salah satunya mengangkat isu HAM.

"Dalam programnya, Ganjar-Mahfud menjadikan komitmen terhadap HAM sebagai panggilan jiwanya karena nilai-nilai kemanusiaan sangat penting, mencintai rakyat," kata Hasto dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hasto menegaskan bahwa paslon Ganjar-Mahfud menitikberatkan HAM sebagai asas yang dijunjung tinggi jika mereka terpilih pada Pilpres 2024.

Menurut dia, paslon yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura itu berkomitmen menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu secara adil.

Hasto menyinggung pasangan capres dan cawapres lain yang menurutnya kurang memiliki perhatian (concern) terhadap isu HAM lantaran tidak mencantumkan program penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu dalam visi dan misi.

"Jangan sampai republik ini dipimpin oleh orang yang punya rekam jejak pelanggaran HAM, apalagi ada paslon yang tidak memasukkan (visi dan misi) terkait HAM," kata dia.

Baca juga: Hasto: Blusukan kenalkan program KIS-KIP-Bansos kepada warga Banten 
Baca juga: Hasto: Komitmen Ganjar-Mahfud tingkatkan SDM hingga berantas KKN

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres pada tanggal 12 Desember 2023 bertempat di halaman Kantor KPU RI, Jakarta.

Tema yang diangkat pada debat pertama adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.

Usai debat pertama, KPU akan menggelar debat selanjutnya pada tanggal 22 Desember untuk cawapres. Debat dilanjutkan pada tanggal  7 Januari 2024 untuk capres, kemudian pada tanggal 21 Januari 2024 untuk cawapres, dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024 untuk capres.

KPU juga telah memutuskan bahwa seluruh kegiatan debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023