Jakarta (ANTARA News) - Pekerjaan perbaikan jalan di beberapa titik Jalur Lintas Timur Sumatera (Jalintim) ruas Medan--Batas Riau yang sedang berjalan dipastikan tidak akan mengganggu arus mudik.

"Kesiapan Jalintim ruas Medan--Batas Riau tidak ada kendala. Artinya jalur ini sudah aman, dan nyaman untuk para pemudik Lebaran nanti," kata Kepala Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum, Graita Sutadi, di Dumai, Provinsi Riau, Kamis.

Jalintim Provinsi Sumatera Utara membentang sejauh 385 kilometer sudah siap dilewati pemudik Lebaran. Meski di beberapa titik masih ada pekerjaan perbaikan.
 
Namun, tambah Graita, dipastikan tidak akan mengganggu kelancaran arus mudik tahun ini. Padahal jumlah kendaraan yang melintas setiap hari-- di ruas yang dimulai dari Kota Medan hingga Batas Riau-- cukup padat.

Menurut Graita,  pekerjaan jalan di beberapa titik  sepanjang Medan--Batas Riau yang sedang berjalan  dipastikan dalam beberapa hari ke depan sudah rampung sebelum H-10. Termasuk Jembatan Sei Belumai yang kini dikerjakan.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) I, Wijaya Seta mengatakan, bahwa jembatan Sei Belumai sangat dibutuhkan untuk memperlancar arus kendaraan.  

Mengenai kondisi jalan di Jalur Lintas Tengah dan Lintas Barat Sumut, Wijaya mengakui, kondisinya tidak sebaik Jalintim.

Meski demikian kedua ruas tersebut masih fungsional dan nyaman untuk dilalui pemudik. Demikian diberitakan situs Kementerian Pekerjaan Umum (www.pu.go.id).

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013