Meulaboh (ANTARA) - Tim Komposit Detasemen Gegana Satbrimob Polda Aceh BKO Wilayah Barat Selatan Aceh melakukan pemeriksaan dan sterilisasi tempat ibadah umat Nasrani di kawasan Ujong Baroh, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana di Meulaboh, Ahad, mengatakan bahwa sterilisasi ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Nasrani yang akan melakukan ibadah.

"Sterilisasi tersebut dengan memakai hand mirror detector dan metal detector MK-5," kata Kapolres.

Pemeriksaan dimulai dari pintu masuk tempat ibadah hingga di dalam tempat peribadatan, termasuk kursi jemaat, meja, air conditioner (AC), tong sampah, hingga lokasi kebaktian, semua disterilkan.

Selain itu, sejumlah personel kepolisian juga disiagakan di tempat ibadah. Oleh karena itu, kata dia, setelah disterilkan, tidak boleh ada yang masuk ke dalam tempat ibadah tanpa izin sampai ibadah Natal dimulai.

Kapolres Andi Kirana mengatakan bahwa pengamanan tempat ibadah dalam rangka Cipta Kondisi Operasi Lilin Seulawah 2023 dan Operasi Mantap Brata Seulawah 2023—2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Baca juga: Angkasa Pura II libatkan 1.000 personel amankan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: AP II aktifkan posko terpadu mulai 18 Desember 2023

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023