Jadi ada penebalan jumlah petugas, terutama pada lokasi yang memungkinkan akan dipadati penumpang
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekatno-Hatta, Tangerang, Banten mengerahkan sebanyak 4.000 petugas untuk melayani penerbangan selama masa angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Executive General Manager (EGM) Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Jumat mengatakan dari total 4.000 petugas itu nantinya akan melakukan pelayanan, baik jasa maupun pengamanan di kawasan Terminal Bandara Soetta.

"Jadi ada penebalan jumlah petugas, terutama pada lokasi yang memungkinkan akan dipadati penumpang selama Nataru 2024 nanti," katanya.

Ia mengatakan, personel yang disiapkan selama pengamanan itu terdiri atas personel Aviation Security, Airport Rescue & Fire Fighting, Apron Movement Control, Customer Service, Terminal Inspection Service, Digital Service, TNI/Polri, Imigrasi, Bea Cukai, KKP dan lainnya.

"Kami juga melakukan penebalan pengamanan di sisi darat. Tujuannya untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang dan kemacetan lalu lintas," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, pihaknya melakukan penebalan di curbside setiap terminal guna mengurangi penurunan atau menaikkan penumpang terlalu lama di area curbside sehingga kemacetan bisa terurai.

"Kita juga melakukan penebalan di sisi check-in area karena kita ketahui, check-in area saat ini sudah menjadi area publik di seluruh Terminal 1, 2 dan 3. Sehingga tetap perlu petugas untuk melakukan profiling dan menunjukkan rasa aman kepada pengguna jasa bandara," ujarnya.

Angkasa Pura II memprediksi terjadi peningkatan penumpang di area bandara pada H-3 Natal maupun H-2 Tahun Baru 2024. Dimana, pada momentum tersebut pergerakan penumpang tertinggi di angka 170 ribu dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat.

Selain itu, disiapkan 4,38 juta kursi penumpang penerbangan selama periode angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Penyiapan 4,38 juta kursi itu dinilai cukup untuk mendukung permintaan dari maskapai penerbangan di 20 bandara yang diproyeksikan mencapai 4,03 juta penumpang pada periode Nataru tahun ini.

Sejalan dengan proyeksi tersebut, AP II bersama stakeholders lain telah berkoordinasi guna memastikan ketersediaan kursi penumpang pesawat sesuai permohonan penerbangan tambahan (extra flight) dari maskapai di 20 bandara yaitu sebanyak 2.833 extra flight pada periode Nataru 2023/2024 terdiri dari 2.737 extra flight rute domestik dan 96 extra flight rute internasional.

Bandara-bandara yang dibawa pengelolaan AP II, juga memastikan kesiapan fasilitas layanan untuk menemani perjalanan keluarga, seperti misalnya playground untuk anak, nursery room dan fasilitas lainnya.

Fasilitas fast track di area security check point juga disiapkan bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil.


Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta bakal layani 170.000 penumpang libur akhir 2023
Baca juga: AP II uji kesiapan prasarana jelang Natal dan Tahun Baru 2024
Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta terapkan standar kesehatan COVID-19

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023