Kemenangan yang mengakhiri rentetan empat kekalahan dan satu hasil imbang itu membawa Tottenham menduduki posisi kelima di klasemen sementara
Tashkent (ANTARA) - Tottenham Hotspur mengakhiri rentetan hasil buruk di Liga Inggris yang mereka derita sejak awal November silam, dengan kemenangan 4-1 atas Newcastle United dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu malam setempat atau Senin dini hari WIB.

Kemenangan yang mengakhiri rentetan empat kekalahan dan satu hasil imbang itu membawa Tottenham menduduki posisi kelima di klasemen sementara dengan 30 poin. Tetapi bagi Newcastle, kekalahan beruntun kedua kurun waktu tiga hari memaksa mereka tertahan di posisi ketujuh dengan 26 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tottenham yang dilatih Ange Postecoglou memiliki reputasi buruk di Liga Inggris sebagai tim yang gagal mempertahankan keunggulan 1-0 dalam lima pertandingan secara beruntun.

Baca juga: City kembali ke jalur kemenangan setelah tundukkan Luton 2-1

Namun situasinya kali ini berbeda, Destiny Udogie membuka keunggulan Tottenham sekaligus mencetak gol perdananya untuk klub itu pada menit ke-26, dengan memanfaatkan umpan terobosan dari kapten Son Heung-min.

Mereka lantas menggandakan keunggulan pada menit ke-38. Richarlison yang terlihat menemukan kembali permainan terbaiknya, sukses memaksimalkan operan dari Son. Itu merupakan gol perdana Richarlison sejak September silam. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-0 bagi tuan rumah.

Newcastle masih mampu memberikan sedikit perlawanan dengan peluang yang dimiliki Bruno Guimaraes dari tendangan jarak jauhnya, serta upaya Miguel Almiron yang memaksa kiper Guglielmo Vicario melakukan penyelamatan.

Kecemasan penggemar Tottenham terhadap kans timnya kembali mendapatkan hasil buruk segera lenyap pada menit ke-60. Richarlison mencatatkan gol keduanya di laga ini, saat ia menerima umpan diagonal Pedro Porro, untuk kemudian dikontrol sedikit sebelum menaklukkan kiper Martin Dubravka.

Baca juga: Aston Villa merangsek ke posisi ketiga setelah tundukkan Arsenal

Tottenham masih sempat mengemas gol keempat pada menit ke-85. Son dijatuhkan kiper Dubravka di kotak terlarang yang membuat wasit menunjuk titik putih. Kapten Spurs Son yang menjadi algojo sukses menunaikan tugasnya untuk membuat tim London itu memimpin 4-0.

Joelinton kemudian mencetak gol pelipur lara bagi Newcastle pada menit ke-91, dengan memanfaatkan kesalahan barisan pertahanan Tottenham. Namun hal itu tidak mengubah nuansa positif di kubu Tottenham yang mengakhiri sederet catatan buruk.

  Daftar susunan pemain:
Tottenham Hotspur: Guglielmo Vicario, Pedro Porro, Cristian Romero, Ben Davies, Destiny Udogie, Pape Matar Sarr, Yves Bissouma, Brennan Johnson, Dejan Kulusevski, Son Heung-min, Richarlison
Pelatih: Ange Postecoglou

Newcastle United: Martin Dubravka, Kieran Trippier, Jamaal Lascelles, Fabian Schar, Tino Livramento, Lewis Milley, B Guimaraes, Joelinton, Miguel Almiron, Alexander Isak, Anthony Gordon​​​​​​​Pelatih: Eddie Howe

Baca juga: Manchester United dipecundangi 0-3 oleh Bournemouth

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023