Jakarta (ANTARA) - Desainer fesyen Ria Miranda sukses menggelar peragaan busana tahunan bertajuk RiaMiranda Annual Show 2024 yang menampilkan rangkaian koleksi Selayar di InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Kamis, 7 Desember 2023 kemarin.

“Koleksi annual show tahun ini memberikan makna sangat dalam bagiku. Koleksi ini berbicara tentang ketekunan, kesabaran, pertumbuhan diri, dan fungsi perempuan sebagai penyeimbang hidup dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya,” kata Ria Miranda selaku pemilik jenama fesyen RiaMiranda, melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Ragam koleksi terbaru dari jenama fesyen RiaMiranda dalam koleksi Selayar yang ditampilkan pada Kamis, 7 Desember 2023 di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. (ANTARA/HO-RiaMiranda)


Dalam pagelaran tahun ini, Ria Miranda mengusung rangkaian koleksi bertajuk Selayar yang diangkat dari kisah asal Sulawesi Selatan. Kisah itu menceritakan tentang seorang wanita yang ditinggal pergi oleh sang suami untuk mencari nafkah.

Sang suami mencari nafkah dengan berlayar di tengah lautan menggunakan perahu istimewa, yakni pinisi. Sayangnya, sang suami gugur di tengah laut dan tidak pernah pulang kembali ke rumahnya.

Ekspresi sedih dari sang istri yang ditinggal suaminya ini menjadi inspirasi Ria Miranda untuk disalurkan dalam teknik menenun yang dilengkapi ornamen lagosi (terinspirasi oleh kain strimin). Selain itu, terdapat motif bunga mawar dalam ornamen lagosi yang mencakup empat elemen utama, seperti daun, bunga yang mekar, bunga kuncup, dan tangkai bunga.
Ragam koleksi terbaru dari jenama fesyen RiaMiranda dalam koleksi Selayar yang ditampilkan pada Kamis, 7 Desember 2023 di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. (ANTARA/HO-RiaMiranda)


Terdapat 51 look dalam koleksi Selayar yang dihadirkan dalam annual show tahun ini. Dalam koleksi itu, Ria Miranda berusaha menampilkan keindahan tenun lagosi yang dipadu dengan material kain strimin.

Berbeda dengan koleksi di tahun sebelumnya, kali ini Ria Miranda menjadikan kain tenun terlihat lebih modern casual, edgy feminine, dan elegant. Beberapa siluet dan detail baru juga ditampilkan pada look shoulder wedge, puff sleeve, dan embroidery quilt.

“Perpaduan bahan, detail embroidery, patchwork, dan beads juga melengkapi indahnya koleksi di tahun ini,” kata Ria Miranda.

Tahun ini, Annual Show RiaMiranda juga melakukan kolaborasi bersama jenama produk kecantikan Wardah Beauty untuk menciptakan look make up terbaru. Look make up terbaru itu merupakan gabungan komposisi warna dengan tema koleksi yang ditampilkan.

“Ria Miranda dan Wardah kembali mengkolaborasikan look make up khusus untuk perhelatan Ria Miranda Trend Show 2024,” kata Wardah Decorative Marketing Group Head Findi Novia.

Melalui kolaborasi ini, terdapat dua look make up hasil inisiasi bersama make up profesional Wardah dengan menggunakan produk-produk dari Wardah, seperti Wardah Colorfit Series dan lainnya.

Baca juga: Ria Miranda dan Mang Moel gelar pameran "Seanergy" di Jakarta

Baca juga: Melati, batik Garut dan songket dalam koleksi busana Lebaran 2023

Baca juga: Penata busana beri tips fesyen “layering” sesuai tipe badan

Baca juga: naPocut hadirkan koleksi "Self Revelation" di JFW 2024

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023