Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Anies Baswedan mengatakan pihaknya mempelajari kondisi hukum hingga hak asasi manusia (HAM) terkini di Indonesia untuk persiapan debat perdana Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Ada hal-hal yang hari ini dianggap penting terkait dengan masalah hukum, HAM, demokrasi, tentu harus baca-baca," kata Anies usai menghadiri dialog yang digelar oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Senin.

Selain itu, menurut Anies, belum ada persiapan dari dirinya maupun dari tim pemenangannya untuk menjalani sesi debat yang akan berlangsung pada hari Selasa (12/12) tersebut.

Namun, kata dia, informasi kegiatannya pada hari debat perdana itu akan diumumkan segera, baik itu terkait dengan titik keberangkatannya, kegiatan kampanye, hingga tempat berkumpul tim pemenangannya.

Jadwal Anies pada hari Senin hanya menghadiri satu kegiatan, yakni mengisi dialog yang digelar Apindo.

Sebelumnya, pada hari Minggu (10/12), dia tidak melakukan kunjungan kampanye dan hanya melakukan kegiatan privat.

Tim Nasional Pemenangan Anies dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menyatakan bahwa Anies dan Muhaimin kompak memilih libur dari kampanye pada hari Minggu (10/12) untuk mempersiapkan kegiatan debat perdana.

Baca juga: Anies sebut elektabilitas naik karena masyarakat sadar butuh perubahan
Baca juga: Pakar: Ketiga capres wajib elaborasi program antikorupsi dalam debat


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Pada masa kampanye ini, KPU juga menjadwalkan pelaksanaan debat sebanyak lima kali.

Seluruh rangkaian debat akan diselenggarakan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, 7 dan 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.

Adapun tema debat perdana pada hari Selasa (12/12) meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023