Jakarta (ANTARA) -
Pembenahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi isu yang akan digaungkan pasangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada debat perdana yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN Angga Putra Fidrian mengatakan bahwa paslon nomor urut 1 akan menyoroti kondisi KPK yang dinilai sudah sangat lemah dan banyak diintervensi oknum petinggi negara sehingga pembenahan harus segera dilakukan.
 
"AMIN fokus pada penguatan kembali lembaga pemberantasan korupsi dan hal itu yang disiapkan dengan matang oleh Anies-Muhaimin," kata Angga saat diwawancarai di Media Center Amin di Jalan Diponegoro Nomor 10, Menteng, Jakarta, Senin.
 
Ia menjelaskan bahwa penguatan bisa dengan mengajak kembali 57 orang yang pernah dinyatakan tidak lulus tes wawasan kebangsaan pada seleksi terdahulu.
 
"Anies akan mendorong proses panitia seleksi pimpinan KPK harus profesional dan melibatkan publik agar menjaga proses seleksinya berjalan dengan benar," ujar Angga.
 
Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Anies memiliki rekam jejak yang kuat dengan sejarah pendirian KPK.
 
Mantan Rektor Universitas Paramadina itu, kata Angga, pernah menjadi Ketua Komite Etik saat mengusut pembocor draf surat perintah penyidikan (sprindik) atas nama mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum pada tahun 2013.
 
Oleh karena itu, menurut Angga, pengalaman Anies menjadi modal membenahi KPK ke depan jika terpilih menjadi presiden Indonesia pada tahun 2024.

Baca juga: Jubir AMIN sesalkan dugaan penistaan agama di program "Desak Anies"
Baca juga: Timnas AMIN: 820.000 posko TPS Gerakan Rakyat kawal Pemilu 2024
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tema dan jadwal debat pertama di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.
 
Dalam tema debat pertama, calon presiden akan berbicara mengenai pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.
 
Kegiatan debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.
 
KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023