Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) Angga Putra Fidrian mengatakan debat terbuka dengan berbagai kalangan sebagai salah satu cara untuk menjaring undecided voters atau pemilih bimbang yang belum menentukan pilihan dalam Pilpres 2024.
 
Angga menyampaikan hal itu ketika menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menyatakan bahwa 28,7 persen undecided voters masih ragu-ragu untuk menetapkan pilihannya kepada pasangan calon presiden/wakil presiden.
 
"Yang pasti salah satunya debat. Debat 'kan memiliki signifikansi 5—6 persen memengaruhi elektabilitas," kata Angga saat diwawancarai di Media Center AMIN, Jalan Diponegoro Nomor 10, Menteng, Jakarta, Senin.
 
Menurut dia, melalui debat para pemilih bimbang akan lebih banyak mendapatkan informasi terkait visi dan misi AMIN terkait dengan gagasan perubahan sehingga mereka akan teredukasi dengan sendirinya.
 
Selain debat, AMIN tentu akan tetap menggunakan cara "menjemput bola" langsung ke lapangan lebih sering guna menyerap aspirasi masyarakat terkait dengan kondisi yang terjadi saat ini.
 
Saat turun ke lapangan, kata dia, timnya juga masih menemui para pemilih yang belum menentukan pilihan sehingga hanya perlu untuk terus diedukasi terkait dengan gagasan-gagasan utama dari pasangan AMIN.
 
"Sebenarnya yang kami temukan juga banyak yang belum mau ngomong saja. Saya pilih A, saya pilih B, pilih C. Mungkin mereka akan menentukan nanti ketika memegang kertas suara," ungkap Angga.
 
Sementara itu, survei Litbang Kompas yang dirilis di Jakarta, Senin, melaporkan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran berada di urutan teratas mengungguli pasangan Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud.
 
Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan perolehan suara 39,3 persen, sementara Anies-Muhaimin berada di urutan kedua dengan suara 16,7 persen dan posisi ketiga pasangan Ganjar-Mahfud dengan suara 15,3 persen.

Baca juga: Anies ingin dorong reindustrialisasi berkelanjutan
Baca juga: Pembenahan KPK jadi isu yang digaungkan AMIN pada debat perdana

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023