Ada tiga hal yang pertama adalah memastikan regulasinya benar dan itu disusun karena partisipasi. Ada rasa yang diungkapkan oleh masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan tiga strategi untuk meningkatkan investasi asing (foreign direct investment/FDI), yang pertama memberikan kepastian hukum bagi para investor agar meningkatkan aliran modal dari luar negeri ke Indonesia.

Kedua, ia akan melakukan perbaikan regulasi dari birokrasi guna menarik pemodal asing. Selain itu, regulasi juga dipastikan disusun dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

“Ada tiga hal yang pertama adalah memastikan regulasinya benar dan itu disusun karena partisipasi. Ada rasa yang diungkapkan oleh masyarakat,” kata Ganjar dalam Dialog Apindo Capres 2024 di Jakarta, Senin.

Strategi ketiga, Ganjar menyampaikan bahwa pihaknya akan memperbaiki sistem kelembagaan dengan mencari aktor yang kredibel untuk ditugaskan di bidangnya.

“Mencari aktor. Aktor ini kita seleksi dengan kepentingan apapun seringkali bisa bengkok. Maka tugas saya adalah memastikan bagaimana aktor yang bisa duduk di dalam jabatan untuk membawa amanah yang luar biasa itu kredibel. Tanpa itu tidak bisa, itu diganti,” ujarnya.

Baca juga: Ganjar hadiri dialog Apindo bahas peta jalan perekonomian Indonesia

Yang dimaksud aktor kredibel, menurutnya, yaitu seseorang yang memiliki integritas untuk melaksanakan tugas dengan profesional. Selain itu ia mengartikan kredibel sebagai seseorang yang mampu menjalankan tugasnya di birokrasi dengan tepat.

“Kredibel itu adalah ketika mengurus izin, begitu ditulis ini dua hari, selesai dua hari. Kredibel berikutnya adalah dia orang yang punya integritas. Disogok dia nolak, bukan dia justru mengkreasi sogokan. Dan yang terakhir ketika dia sudah tau semua, dia sangat profesional,” jelasnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), aliran modal asing masuk bersih ke pasar keuangan di Tanah Air mencapai Rp4,10 triliun selama periode 4 Desember hingga 7 Desember 2023.

Adapun hal itu ia sampaikan dalam Dialog Apindo Capres 2024 yang mengusung tema 'Roadmap Perekonomian Indonesia 2024-2029'.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sebagai penyelenggara telah menyusun Roadmap Perekonomian Indonesia 2024-2029 yang diharapkan bisa jadi panduan rekomendasi kebijakan bagi calon presiden (capres) dalam kepemimpinan lima tahun ke depan.

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani mengungkapkan bahwa peta jalan itu disusun sebagai wujud peran organisasi tersebut dalam menjalankan advokasi atas sejumlah kebijakan strategis untuk mengawal kebijakan dan program kerja dalam kepemimpinan nasional yang baru.

Baca juga: Siti Atikoh sambangi Pasar Rau tampung aspirasi pedagang

Baca juga: Ganjar siap tingkatkan KUR murah dan Kredit Lapak untuk UMKM nasional

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023