Pada perahu long boat dengan 23 orang penumpang ini berangkat dari Kampung Yorana pukul 03.00 WIT, dan pada pukul 05.00 WIT bensinnya habis
Timika (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebutkan bahwa ada sebanyak 23 orang penumpang selamat saat proses evakuasi long boat di Perairan Kaimana Provinsi Papua Barat.

Kepala Kanto SAR Timika George Randang dalam keterangan tertulis di Timika, Senin, menyatakan Pos SAR Kaimana pada pukul 09.35 WIT menerima laporan bahwa perahu long boat 40 PK mengalami mati mesin karena kehabisan bahan bakar bensin.

Baca juga: Damkar Trenggalek evakuasi ular piton yang hendak mangsa ternak warga

“Pada perahu long boat dengan 23 orang penumpang ini berangkat dari Kampung Yorana pukul 03.00 WIT, dan pada pukul 05.00 WIT bensinnya habis sehingga terombang-ambing di Perairan Kaimana,” katanya.

Menurut George, setelah mendapati laporan tersebut pihaknya langsung memberangkatkan Tim SAR gabungan menggunakan perahu karet 30 PK menuju lokasi kejadian guna memberikan pertolongan.

“Setelah tim sampai dilokasi kejadian dan mendapati seluruh penumpang dalam keadaan selamat kemudian memberikan tambahan bahan bakar bensin agar dapat melanjutkan perjalanan menuju Kaimana,” ujarnya.

Baca juga: Kapal Patroli KPLP Kemenhub evakuasi ABK meninggal di Maluku

Dia menjelaskan, setelah dipastikan seluruh penumpang dalam kondisi selamat dan perahu long boat tersebut dapat dihidupkan maka operasi SAR diusulkan ditutup.

“Setelah operasi SAR ditutup seluruh potensi SAR yang terlibat dikembalikan kepada satuannya masing-masing,” katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya selalu siap dan sigap ketika mendapat laporan guna memberikan pertolongan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Jika masyarakat membutuhkan pertolongan pada kondisi darurat maka dapat menghubungi Kantor SAR Timika maupun Pos SAR terdekat,” ujarnya lagi.

Baca juga: Tim gabungan evakuasi korban ke-75 Gunung Marapi

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023