Jakarta (ANTARA) - Pondok Indah Golf Club akan kembali menyelenggarakan kompetisi golf junior internasional bertajuk Pondok Indah Junior Golf Championship 2023 pada 12-14 Desember 2023.

“Kami sangat gembira karena banyak junior dari Indonesia dan juga berbagai negara lain yang antusias untuk ikut berpartisipasi di turnamen ini. Turnamen kali ini merupakan yang ke-10 kalinya kami gelar,” kata Ketua Panitia Penyelenggara turnamen Michael Tjoajadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Michael menambahkan, bahwa sejumlah pegolf yang pernah berpartisipasi di Pondok Indah Junior Golf Championship telah menjadi pemain papan atas di level internasional. Penyelenggaraan turnamen diharapkan terus mendukung prestasi pegolf junior di Indonesia dan negara-negara lain.

Salah satu pegolf internasional yang pernah ambil bagian di di turnamen ini adalah Atthaya Thitikul asal Thailand, yang tahun lalu menempati peringkat satu peringkat LPGA Tour. Atthaya menjadi juara Pondok Indah Junior International Golf Championship 2017.

Baca juga: PGI tambah jumlah kejurnas golf amatir menjadi tiga kali dalam setahun
Baca juga: PGI sebut olahraga golf semakin diminati generasi muda


Selain itu, terdapat pula Princes Mary Superal asal Filipina, yang merupakan juara Pondok Indah Junior International Golf Championship 2014. Princes pada tahun lalu menjuarai turnamen ladies profesional Simone Asia Pacific Cup.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, turnamen ini dimenangi oleh duo pegolf Thailand, Suvichaya Vinijchaitham dan Kittada Kosalutta.

Pada edisi tahun ini diikuti oleh 113 peserta dari Indonesia, China, Malaysia, Thailand, Singapura, Korea Selatan, India, Australia, dan Amerika Serikat. Ada tiga kelas yang akan dipertandingkan, yaitu A, B, dan C. Peserta yang dapat berpartisipasi adalah para pegolf yang berusia 11 tahun sampai dengan 19 tahun kurang 1 hari.

Pegolf tuan rumah yang tampil pada turnamen yang disponsori Medco Foundation powered by Metaforsa itu antara lain Rayhan Abdul Latief, Teuku Husein, Adrian Sulaiman Hasan, Javeed Abdul Rauf pada kategori putra.

Sedangkan Elaine Wijaya, Amanda Sitohang, Keira Lau, Milany Adisty, Renoctoviana, dan Reicherin tampil pada kategori putri.

Pegolf Indonesia juga pernah menjadi jawara turnamen ini pada 2019, saat Amadeus Christian Sutanto menjadi juara kategori putra, dan Lydia Hawil Stevany Sitorus menjadi juara kategori putri.

Selain mereka berdua, pegolf Indonesia lain yang pernah menjadi juara adalah Jonathan Wijono (2017), Kentaro Nanayama (2016), Alexander Valentino (2014), dan Fadli Rahman Soetarso (2013).

Baca juga: PGI beberkan prestasi golf Indonesia di kancah mancanegara
Baca juga: Sebanyak 144 pegolf ramaikan PGP Championship Tournament 2023


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023