Manado (ANTARA) - Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas utama TNI Angkatan Laut, agar seluruh Alutsista dan organisasi TNI AL diawaki oleh pengawak yang profesional, unggul dan handal.

"Guna merealisasikan hal tersebut, TNI AL kembali akan meresmikan sarana dan prasarana satuan pendidikan (Satdik) 4 Kodiklatal di Likupang, Sulawesi Utara pada Selasa (12/12)," kata Kepala Dispenal Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady A.W melalui keterangan, Senin.

Ia mengatakan peresmian ini akan dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Ketua Umum Jalasenastri Fera Muhammad Ali.

Dalam prosesi peresmiannya, KSAL akan menandatangani prasasti dan penekanan tombol peresmian, sedangkan Ketua Umum Jalasenastri secara simbolis akan melaksanakan pengguntingan pita di Markas Komando Satdik 4 yang menandakan fasilitas tersebut siap dioperasionalkan.

Satdik 4 Kodiklatal di Likupang, merupakan salah satu sarana pendidikan jajaran TNI AL yang berada di bawah Kodiklatal, guna membentuk prajurit TNI AL pada level Bintara dan Tamtama.

Dengan akan diresmikan fasilitas ini, TNI AL akan memiliki 4 satuan pendidikan di luar Pulau Jawa yaitu Satdik 1 Kodiklatal di Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, Satdik 2 Kodiklatal di Makassar Sulawesi Selatan, Satdik 3 Kodiklatal di Sorong dan Satdik 4 di Likupang.

Sarana pendidikan prajurit TNI AL di wilayah Sulawesi Utara ini, dibangun di atas lahan seluas 160.940 M2 berlokasi di Desa Pinenek, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulut.

Pembangunan Satdik ini dimulai pada pertengahan tahun 2022 hingga akhir tahun 2023.

Satuan pendidikan tersebut dilengkapi berbagai sarana seperti Markas Komando, barak Bintara, barak Tamtama, barak Kowal, kelas Bintara, kelas Tamtama, dapur, mess Bingsis/pelatih, gudang senjata dan amunisi, lapangan samapta, sarana dan prasarana lingkungan, instalasi listrik dan air, kelengkapan furniture, kelas untuk belajar, pos jaga hingga kendaraan operasional guna menunjang proses pendidikan bagi prajurit.

Dalam peresmian ini nantinya, KSAL beserta para petinggi TNI AL akan meninjau secara langsung berbagai fasilitas, yang ada di Satdik 4 Kodiklatal.

Selain itu juga akan dilaksanakan penandatanganan berita acara oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Nur Alamsyah dan Kadis Fasklanal Laksamana Pertama TNI Eko Sunarjanto sebagai tanda telah rampungnya pembangunan yang kemudian diserahkan kepada jajaran Kodiklatal.
Baca juga: Waasrena Kasal tegaskan pentingnya SDM untuk hadapi ancaman siber
Baca juga: Kemnaker-TNI AL tingkatkan SDM bidang kemaritiman

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023