... akan sangat membantu untuk menstabilkan harga daging sapi... "
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah terus berusaha menurunkan harga daging sapi yang hingga saat ini masih berada pada kisaran Rp95.000 perkilogram. Hari ini, 20 ton daging sapi domestik disebar.

"Untuk menstabilisasi harga daging sapi, didistribusikan 20 sampai 22 truk yang masing-masing berisikan satu ton daging sapi domestik halal," kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, sebelum meluncurkan penjualan perdana daging sapi murah, di Kementerian Perdagangan, Senin.

Wirjawan mengatakan, dengan pasokan hingga H-2 tersebut, diharapkan mampu menurunkan harga daging sapi yang hingga saat ini masih berada pada kisaran tinggi.

"Jika pendistribusian daging sapi ini bisa dilakukan secara sistematis di kurang lebih 22 titik yang diperbantukan akan sangat membantu untuk menstabilkan harga daging sapi," kata dia.

Dia menjelaskan, terkait penolakan pedagang di Pasar Senen beberapa waktu lalu, akibat dari ukuran daging yang terlalu besar dan sulit dipotong, yang menyebabkan daging-daging tersebut tidak diminati pembeli dan pedagang.

"Kemarin juga ada keterbatasan dengan mesin pendingin, namun kami sudah fasilitasi dan didistribusikan juga ke tempat lain," ujar Wirjawan.

Sejumlah 22 truk dengan kapasitas masing-masing sebesar 800 kilogram hingga satu ton daging sapi siap didistribusikan ke 23 titik.

Terdiri dari 20 titik kelurahan di wilayah DKI Jakarta, masing-masing satu titik di Pasar Jatinegara, Pasar Rakyat di Kantor Walikota Jakarta Utara untuk daging beku, dan Pasar Cipete untuk daging segar.

Program penjualan daging sapi murah ini direncanakan akan berlangsung hingga H-2 Idul Fitri 2013, dan pemerintah mengharapkan harga daging sapi segera turun.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013