... tidak menyangka akan mendapatkan 25 poin. Saya amat gembira... "
Kalifornia (ANTARA News) - Pebalap debutan sensasional asal Spanyol, Marc Marquez, yang menjuarai MotoGP di Laguna Seca, Amerika Serikat, Senin pagi mengatakan kemenangannya itu sangat penting baginya karena membuat dirinya makin mantap di puncak klasemen sementara MotoGP.

"Saya amat gembira karena mendapatkan 25 poin, karena itu amat penting bagi saya. Saya berjuang keras dan tidak menyangka akan mendapatkan poin penuh. Saya amat gembira," kata Marquez, pebalap Repsol Honda Team..

Marquez memiliki 163 poin sedangkan teman senegara dan setimnya Dani Pedrosa 147, pada klasemen umum sementara.

Namun perjalanan Marquez untuk menjadi juara masih panjang. Balapan di Laguna Seca adalah yang kesembilan, dan masih menyisakan sembilan balapan lagi.  Saat ini ada tiga pebalap lagi yang mendapat poin di atas 100 yakni Jorge Lorenzo (137), Valentino Rossi (117) dan Cal Crutchlow

Marquez juga menjadi yang pertama sebagai atlet debutan yang menang di Laguna Seca, Kalifornia, yang amat terkenal dengan tikungan Corkscrew yang berkelok.

Marquez membuat kemenangan di tikungan Corkscrew, dengan melewati Rossi serta para pebalap lainnya.

Marquez terinspirasi ketika menyaksikan perlombaan 2008, ketika Rossi melakukan hal sama saat melewati Casey Stoner di bagian tersulit sirkuit itu.

"Saya menyaksikan video itu dan berpikir pasti akan dapat melakukannya. Ketika saya mencoba melewatinya, terasa amat sukar karena harus menekan rem, tapi ketika berikutnya saya melepas rem saya dapat melewati lawan saya seperti yang dilakukan Valentino pada 2008," kata Marquez.

Sementara itu juara dunia Jorge Lorenzo dan Pedrosa, setelah absen pada perlombaan minggu lalu di Jerman GP karena mengalami cedera tulang bahu, kembali beraksi pada perlombaan Minggu.

Pebalap Honda, Pedrosa, berada di urutan kelima dan tetap memiliki harapan pada musim ini, sedangkan Lorenzo di atas Yamaha berada di urutan keenam.

Perlombaan berikutnya tetap diadakan di Amerika Serikat saat putaran ke-10 diadakan di Indianapolis dan termpat kondang di Brickyard pada 18 Agustus.

Sementara itu Bradl mengenai kemenangan Marquez mengatakan,  "Saya lihat Marc melaju amat cepat. Tetapi saya amat gembira bisa naik podium MotoGP pertama kalinya."

"Ini merupakan hasil luar biasa bagi saya, juga bagi tim saya," katanya.

"Ini kemenangan penting bagi saya, karena tekanan di lintasan amat tinggi dan dalam perlombaan jarak kami amat dekat. Kami melaju amat cepat dan karena itu kami naik podium. Ini amat menyenangkan," katanya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013