... investor mengambil keuntungan setelah perdana menteri Jepang sesuai harapan menang dalam pemilu parlemen... "
Tokyo (ANTARA News) - Kurs dolar Amerika Serikat melemah terhadap yen di perdagangan Asia pada Senin, karena investor mengambil keuntungan setelah perdana menteri Jepang sesuai harapan menang dalam pemilu parlemen pada akhir pekan.

Greenback berpindah tangan pada 100,01 yen di perdagangan pagi Tokyo, turun dari 100,50 yen di New York pada Jumat sore.

Euro dibeli 131,52 yen dan 1,3155 dolar, bervariasi dari 132,08 yen dan 1,3142 dolar di perdagangan AS.

Pedagang menjual greenback setelah unit itu melompat karena komentar Ketua Federal Reserve Amerika Serikat, Ben Bernanke, di Kongres pekan lalu, yang menyatakan The Fed tidak punya rencana pasti untuk mengurangi program stimulus besar-besarannya, yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif.

Sekarang kemenangan menyakinkan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dengan sedikit kejutan, mendorong investor menyesuaikan taruhan dolar mereka, kata para dealer.

"Yen, yang sedikit dijual sebelumnya, kini semakin kuat karena investor akan untuk mengambil keuntungan sebagai reaksi awal terhadap pemilu majelis tinggi Jepang," kata Tsunemasa Tsukada, kepala manajer perdagangan valas di Mitsubishi UFJ Trust and Banking Corp

Tetapi Tsukada menambahkan bahwa tren penurunan yen itu akan terus berlanjut.

Penurunan tajam unit Jepang sejak akhir tahun lalu telah didorong oleh rencana peningkatan ekonomi Abe yang dijuluki Abenomics, yang telah menjanjikan pengeluaran besar pemerintah sementara bank sentral melepaskan dengan deras uang longgar dalam upaya memicu ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

Kemenangan pemilu majelis tinggi pada Minggu lalu memberikan pemimpin konservatif kekuatan di legislatif untuk melaksanakan skemanya, yang diperkirakan termasuk beberapa reformasi yang tidak populer bagi perekonomian.

Kemenangan Abe pada akhir pekan berarti kedua kamar di parlemen akan berada di bawah kendali pemerintah, menghapus ringtangan yang telah menghambat undang-undang untuk enam perdana menteri jangka pendek terakhir.

Dealer mengatakan, pasar valas juga mencerna pengumuman dari bank sentral China, pihaknya telah mencabut kontrol pada suku bunga kredit, yang mulai efektif Sabtu lalu.

Sementara pertemuan G20 berakhir dengan kesepakata memprioritaskan meningkatkan pertumbuhan dan lapangan kerja serta lebih memperhatikan pengurangan defisit anggaran yang membengkak.

Indeks saham Nikkei 225 di Tokyo naik 0,20 persen pada akhir perdagangan pagi.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013