Tasikmalaya (ANTARA News) - Konvoi kendaraan plat nomor asing milik warga negara Jerman masih ditahan di markas Polres Tasikmalaya dan sebagian di Polres Garut, Jawa Barat, Senin.

Mobil jenis kabin ganda berplat nomor asing itu berjumlah 18 kendaraan, 10 kendaraan di markas Polres Garut dan delapan kendaraan di Polres Tasikmalaya.

Konvoi itu diamankan polisi saat melintas jalan raya wilayah hukum setempat, Sabtu (20/7).

Kepala Satuan Lalu Lintas, Polres Tasikmalaya, AKP Bonifacius mengatakan warga negara Jerman yang diamankan sebanyak 14 orang, dua diantaranya dari Swiss.

"Ada 12 orang warga Jerman dan dua orang dari Swiss. Rombongan ini rencananya mau berwisata," katanya.

Ia menuturkan kedatangan warga negara Jerman berikut kendaraan asing itu tidak dilengkapi surat rekomendasi jalan di wilayah hukum Jawa Barat.

Namun dokumen lainnya seperti paspor, visa, dan izin mengemudi internasional, kata dia, sudah lengkap tidak bermasalah.

"Mereka ini tidak mengantongi rekomendasi jalan dari Korlantas (Korps Lalu Lintas) Polri. Pihak travel mereka sedang mengurusinya dan nanti segala perjalanan akan dikawal," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan lalu Lintas Polres Garut, AKP Sulman Aziz mengatakan warga negara asing Jerman yang diamankan berjumlah 20 orang dengan menumpang 10 unit mobil ukuran besar.

Ia mengatakan, terpaksa diamankan sesuai perintah Dirlantas Polda Jabar karena belum memiliki izin operasional jalan.

"Kita amankan ini karena khawatir terjadi apa-apa, karena stir mobil dan lajur di Jerman dengan di kita itu beda, takutnya nanti ngambil arah berlawanan," kata Sulman.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013