Hak digital mencakup hak atas ruang fisik dan digital, hak terhadap infrastruktur digital, hak atas data, serta ....
Jakarta (ANTARA) -
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan meningkatkan hak asasi di bidang digital dengan memperbaiki akses internet untuk masyarakat.
 
"Hak digital mencakup hak atas ruang fisik dan digital, hak terhadap infrastruktur digital, hak atas data, serta hak atas pendidikan dan komunitas," kata Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa.
 
Menurut Budiman, hak digital itu penting lantaran berkaitan dengan banyak hal termasuk hak untuk mendapatkan pendidikan layak dan fasilitas internet yang terbaik.
 
Hal itu, lanjut Budiman, menjadi penting lantaran kekinian fasilitas internet yang layak belum merata di seluruh wilayah Indonesia.
 
"Kami akan melakukan banyak sekali perbaikan di sektor digital, termasuk membangun infrastruktur digital secara merata sampai ke desa-desa. Tidak ada desa yang tidak terakses internet. Ini sesuai dengan Astacita 3 di Poin 26 dalam Visi dan Misi Prabowo Gibran," kata dia.
 
Budiman membeberkan data Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) pada tahun 2022 yang menunjukkan masih ada 73 juta jiwa dan lebih dari 100.000 ribu sekolah yang tidak memiliki akses internet.
 
Dengan terpilihnya Prabowo-Gibran, dia yakin seluruh hak asasi digital masyarakat akan dipenuhi demi memudahkan masyarakat menikmati jaringan internet.

Baca juga: Dosen politik UI nilai ada tiga isu utama debat capres 
Baca juga: Pakar: Ketiga capres wajib elaborasi program antikorupsi dalam debat

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023