Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Jaringan Nasional Aktivis (Jarnas) 98 Sangap Surbakti menilai penampilan debat perdana calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan menambah tingkat keterpilihan pada Pemilu 2024.

"Survei Litbang Kompas, Prabowo-Gibran leading di angka 39,3 persen. Setelah debat, pasti bisa menyentuh angka 42-45 persen," katanya mengklaim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Sangap berpendapat penampilan Prabowo bakal memesona rakyat Indonesia, dengan kemampuan menjawab pertanyaan dari panelis maupun capres lain yang hadir pada debat itu. Dia memastikan setelah debat perdana itu, tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran semakin tebal meninggalkan dua calon lainnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat pertama dengan tema, pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca juga: Polisi terjunkan dua ribu lebih personel amankan debat Capres 2024

Baca juga: PLN siapkan listrik lima lapis saat debat Capres Pemilu 2024 di KPU


Sangap mengungkapkan sejumlah aktivis 98 yang pernah terlibat langsung dalam penggulingan Orde Baru (Orba), telah berkumpul di Media Center Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, guna mengkristalkan sejumlah isu yang diprediksi akan menjadi tema debat KPU. Dia meyakini, isu seperti Hak Asasi Manusia (HAM) yang kerap muncul dan mendiskreditkan Prabowo saat perhelatan pemilihan presiden, tidak mengganggu performa pasangan calon nomor 2 itu.

"Saya ini salah satu pelaku sejarah. Semua sudah selesai. Kita sudah rembuk, soal HAM ini kita harus ajukan konsep yang menjawab tantangan ke depan. Bukan lagi berkutat ke belakang saja," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menyampaikan dikumpulkannya aktivitas 98 merupakan langkah antisipasi, karena Prabowo kerap dianggap sebagai sosok pelanggar HAM. Isu tersebut selalu muncul setiap lima tahun sekali saat mantan Danjen Kopassus itu ikut Pilpres.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023