pendukung paslon juga sudah dibatasi
Jakarta (ANTARA) - Polisi menerjunkan 2.120 personel gabungan untuk mengamankan debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB.
 
"Jumlah personel gabungan yang akan melakukan pengamanan pelaksanaan debat perdana Capres 2024 berjumlah 2.120 personel. Pengamanan gabungan ini terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Susatyo menyebut, pihaknya melakukan pemetaan untuk pengamanan dan penempatan anggota di ring satu hingga kegiatan di ring luar KPU.

KPU juga sudah membuat tata tertib bagi para pendukung pasangan calon (paslon), di antaranya jumlah pendukung dibatasi, hanya undangan yang bisa masuk dan tidak boleh membawa alat peraga kampanye kecuali pakaian yang melekat di tubuh.

"Untuk jumlah dari pendukung paslon juga sudah dibatasi, sekian orang dan tata tertib sudah diatur KPU. Kita tinggal melaksanakan teknis pengamanan. Kami akan jaga dan kawal sepenuhnya," ujar Susatyo.

Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 2.000 personel amankan debat capres-cawapres
 
Kemudian, jalan-jalan di sekitar lokasi debat atau di depan KPU juga akan dilakukan sterilisasi atau rekayasa jalan mulai pukul 16.00 WIB sehingga arus lalu lintas di lokasi acara diharapkan lancar seperti kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. 

"Kegiatan debat ini salah satu dari tahapan Pemilu 2024, sehingga harus kami amankan agar kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Dalam pelaksanaan pengamanan, kami tekankan kepada seluruh anggota agar dilaksanakan dengan humanis," jelas Susatyo.
 
Lebih lanjut, Susatyo mengimbau kepada warga masyarakat yang akan melintas di sekitar KPU RI pada Selasa sore ini untuk mencari jalan alternatif lain, karena akan ada rekayasa lalu lintas di kawasan itu. 
 
Simpatisan dan para pendukung paslon yang akan mengikuti prosesi debat calon presiden juga diimbau untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

Berikut rekayasa lalu lintas saat berlangsung debat capres pada Selasa malam:

Baca juga: Dosen politik UI nilai ada tiga isu utama debat capres 
 
1.Lampu Lalulintas (Traffic Light/TL) Imam Bonjol atau Graha Mandiri
 
- Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim maupun Jalan Pamekasan
 
- Kendaraan yang datang dari arah Jalan H Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.
 
2. TL HOS Cokroaminoto
 
- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro

Baca juga: KPU beberkan mekanisme debat perdana Pilpres 2024
 
- Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan HOS Cokroaminoto.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023