Jakarta (ANTARA) - Polisi mulai menutup Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat menjelang debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat yang akan dimulai pukul 19.00 WIB.
 
"Ya demi kenyamanan bersama, dan juga keamanan saat berlangsungnya acara debat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro sambil memberikan arahan ke personel pengamanan di depan Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Terlihat kerucut lalu lintas (traffic cone) dan papan pengalihan arus lalu lintas sudah terpasang di persimpangan Jalan Imam Bonjol sejak pukul 15.30 WIB.
 
Selain itu beberapa personel pengamanan sudah mulai mengatur sejumlah kendaraan yang melintas untuk memastikan lalu lintas di sekitaran gedung KPU RI berjalan lancar.
 
Sedangkan personel lainnya yang terdiri dari TNI, Polri, dan personel dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah bersiap menjaga di depan Gedung KPU RI menjelang debat Capres Pemilu 2024 nanti malam.
 
Polisi menerjunkan 2.120 personel gabungan untuk mengamankan debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB.
 
"Jumlah personel gabungan yang akan melakukan pengamanan pelaksanaan debat perdana Calon Presiden berjumlah 2.120 personel. Pengamanan gabungan ini terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Susatyo menyebut, pihaknya melakukan pemetaan untuk pengamanan dan penempatan anggota di ring satu hingga kegiatan di ring luar KPU.
 
Pihak KPU juga sudah membuat tata tertib bagi para pendukung pasangan calon (paslon), di antaranya jumlah pendukung dibatasi, hanya undangan yang bisa masuk dan tidak boleh membawa alat peraga kampanye kecuali pakaian yang melekat di tubuh.

Baca juga: Soal persiapan debat, Prabowo: "Kumaha engke"

Baca juga: Polisi terjunkan dua ribu lebih personel amankan debat Capres 2024

Baca juga: PLN siapkan listrik lima lapis saat debat Capres Pemilu 2024 di KPU

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023