menang settong putaran
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.000 starling atau pedagang kopi jalanan mendeklarasikan dukungan mereka kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam acara Parade dan Deklarasi 2.000 Starling Taretan Gibran di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa, cawapres Gibran menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para pedagang tersebut atas dukungan mereka kepadanya dalam kancah Pilpres 2024.

"Terima kasih sekali untuk deklarasinya. Terima kasih sekali untuk dukungannya. Terima kasih sekali untuk doanya," kata Gibran.

Starling merupakan penjual kopi yang menjajakan dagangan mereka berkeliling dengan menggunakan sepeda. Istilah starling awalnya merupakan sebutan yang mengacu pada kedai kopi asal Amerika Serikat, Starbucks keliling.

Baca juga: TKN sebut program susu dan makan siang gratis merupakan pemenuhan HAM

Dalam acara deklarasi tersebut, Gibran juga berpesan kepada para pedagang starling untuk turut menyampaikan salam dari dirinya dan capres Prabowo Subianto kepada para pelanggan setia straling di Jakarta.

"Sampaikan salam saya dan Pak Prabowo untuk para pelanggan-pelanggannya, ya," kata Gibran.

Saat Gibran sedang berbicara, terdapat salah seorang pedagang yang menanyakan keberadaan Prabowo saat ini.

"Pak Prabowo kemana, Pak?" tanya seorang starling.

Gibran menjawab bahwa Prabowo sedang bersiap mengikuti debat perdana.

"Pak Prabowo persiapan debat. Habis ini ada debat capres di KPU," jawab Gibran.

Usai Gibran menjawab pertanyaan tersebut, para starling langsung meneriakkan yel-yel dengan menggunakan bahasa daerah asal Madura, Jawa Timur.

"Menang settong (satu) putaran, menang settong putaran," seru para starling.

Baca juga: TKN sebut Prabowo dalami program kerja untuk hadapi debat perdana

Para starling dalam acara Parade dan Deklarasi 2000 Starling Taretan Gibran di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/Aprillio Abdullah Akbar)

Sebelum menghadiri deklarasi itu, Gibran pada Selasa pagi mendatangi Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman, Muara Baru, dan berdialog dengan sukarelawan nelayan Prabowo-Gibran.

Lalu, Selasa siang, Gibran menyambangi Habib Ali di Kwitang, Jakarta Pusat.

Usai dari GBK, Gibran menuju kediaman Prabowo untuk berangkat bersama-sama menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta Pusat guna mengikuti debat perdana capres-cawapres.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo-Gibran tingkatkan hak digital dengan perbaiki akses internet

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023