Kondisi fisiknya sudah lebih baik dibandingkan waktu awal masuk rumah sakit
Jakarta (ANTARA) - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) siap memberikan pendampingan psikologis terhadap D, ibu dari empat anak yang  dibunuh oleh ayah kandungnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Ya, tadi kami menawarkan  pendampingan secara psikologis," kata Pejabat Sementara (Pjs) Ketua Umum Komnas PA, Lia Latifah kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, diketahui keempat anak D tewas saat dirinya menjalani perawatan di RSUD Pasar Minggu usai mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) oleh P, suaminya yang juga adalah ayah kandung keempat anaknya.

Setelah dirawat di RSUD Pasar Minggu sejak Sabtu (2/12), D akhirnya dibolehkan pulang pada Minggu (10/12) karena kondisinya membaik. Ia bahkan menghadiri pemakaman keempat anaknya di TPU Perigi Sawangan, Depok, Jawa Barat, pada Minggu.

"Kondisi fisiknya sudah lebih baik dibandingkan waktu awal masuk rumah sakit, tapi kalau untuk membicarakan anak memang masih belum bisa bicara banyak," ujar Lia.

Lia mengatakan, D pasti mengalami trauma yang dalam akibat kejadian yang menimpanya. Oleh karena itu, pendampingan psikologis tentu sangat dibutuhkan D untuk mengobati traumanya.
​​​
Selain pendampingan psikologis, Lia mengatakan Komnas PA juga siap untuk memberikan bantuan hukum kepada D jika dibutuhkan.
Pada kesempatan yang sama, Lia mengapresiasi Polres Metro Jakarta Selatan karena menurutnya sangat sigap dalam menindak pelaku.

Kemudian, ia juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar agar tidak terjadi lagi kasus yang sama di kemudian hari.

"Ketika ada anak dalam kondisi berbahaya, teraniaya, terancam, masyarakat atau tetangga harus bertindak cepat membantu melindungi mereka, jadi jangan menunggu kepolisian turun dulu baru bertindak. Jadi jangan ada lagi orang yang membiarkan anak-anak dalam kondisi berbahaya," ujar Lia.
Baca juga: Polisi: Cemburu pada istri jadi motif P bunuh keempat anaknya
Baca juga: Meski pulih, ibu dari empat anak di Jagakarsa masih didampingi PPPA
Baca juga: Polisi: Tulisan di lantai yang ada di TKP adalah darah pelaku


Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023