Jakarta (ANTARA) - Polisi melibatkan kendaraan taktis sebagai pengamanan khusus dalam mengantisipasi ancaman saat debat perdana Calon Presiden (Capres) Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB.
 
"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi, baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, teror, dan lain sebagainya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa.
 
Susatyo menyebut, kendaraan taktis menjadi salah satu bagian dari bentuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama berlangsungnya debat. Selain itu, pihak kepolisian juga akan berjaga memantau kehadiran massa pendukung yang tidak terdaftar identitasnya.
 
"Berdasarkan pengalaman kemarin, ada juga massa lain yang tidak masuk undangan dan ingin menyemarakkan kegiatan malam hari ini, tentunya kami akan memisahkan baik itu massa dengan undangan," ujar Susatyo.
 
Ribuan personel pengamanan juga akan menyebar di sejumlah titik di sekitaran KPU RI mulai dari Bundaran HI, ruas Jalan Imam Bonjol, Jalan HOS Cokroaminoto, dan sekitarnya.
 
"Kendaraan yang akan masuk ataupun keluar kami upayakan pengaturan. Termasuk juga menjaga apalagi nanti masing-masing Paslon membawa massa penggembira. Sehingga, jalur di depan KPU untuk Paslon dan tamu undangan, sementara jalur seberang KPU untuk massa pendukung," jelas Susatyo.
 
Polisi mulai menutup Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat menjelang debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat yang akan dimulai pukul 19.00 WIB.
 
Terlihat jajaran kepolisian, TNI, Polri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dan pengamanan dalam dari pihak KPU RI terus berjaga di sekitaran Gedung KPU RI.
 
Adapun Polisi menerjunkan 2.120 personel gabungan untuk mengamankan debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB.
 
"Jumlah personel gabungan yang akan melakukan pengamanan pelaksanaan debat perdana Capres 2024 berjumlah 2.120 personel. Pengamanan gabungan ini terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Susatyo menyebut, pihaknya melakukan pemetaan untuk pengamanan dan penempatan anggota di ring satu hingga kegiatan di ring luar KPU.

Baca juga: Jalan di depan KPU RI sudah ditutup jelang debat Capres 2024

Baca juga: Polisi terjunkan dua ribu lebih personel amankan debat Capres 2024

Baca juga: KPU beri waktu 3 menit untuk capres saling sanggah

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023