Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan bahwa dia menyempatkan diri berolahraga bersama istrinya, Siti Atikoh Suprianti, menjelang debat perdana Pilpres 2024.

“Insyaallah-insyaallah siap. Tadi sudah olahraga, lari tadi sama istri, jalan masuk di kampung-kampung. Ya acara harian aja,” kata dia, di Gedung High End, Jakarta, Selasa. Malam ini (12/12/23) dia bersama pasanganya, Mahfud Md, akan menghadapi salah satu babak penting kampanye Pemilu 2024 yaitu debat perdana calon presiden-calon wakil presiden. 

Baca juga: Ganjar: Senanglah, insyaallah bismillah

Di ajang itulah, rakyat akan mengetahui pengembangan visi dan misi serta gagasan-gagasan calon pemimpin bangsa secara pribadi dan langsung dalam berbagai topik dan pengembangannya yang telah disiapkan Komisi Pemilihan Umum. 

Sementara itu, saat ditanyai wartawan mengenai masakan khusus yang dibuat oleh sang istri, Ganjar menjawab bahwa tidak ada masakan khusus. “Enggaklah biasa saja kan kami pernah debat juga,” kata bekas gubernur Jawa Tengah tersebut sambil merangkul sang istri yang tersenyum malu.

Baca juga: Hasto: Ganjar-Mahfud tekankan pentingnya keadilan hukum saat debat

Ia kemudian mengatakan bahwa dia siap melakukan debat perdana yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Insyaallah udah siap. Kemarin sudah komunikasi, ngobrol dengan tim, dengan Pak Mahfud, dapat masukan dari kawan-kawan yang substansi, yang teknis, gitu ya. Senanglah, insyaallah bismillah,” katanya.

Sementara itu, saat ditanyai mengenai isu yang akan menjadi sorotan dalam debat, ia mengatakan bahwa akan menyampaikannya saat debat berlangsung. “Ya, ya, nanti, oke ya?” kata dia.

Baca juga: Ganjar pastikan akan lanjutkan program hilirisasi Jokowi

Ia mengatakan, setelah debat akan kembali mengunjungi daerah-daerah di Indonesia untuk berkampanye. “Insyaallah abis debat ini kami akan kembali berkunjung kepada kawan-kawan agar lebih solid dan agar makin semangat,” ujarnya.

Selain itu, Ganjar juga menegaskan bahwa saat ini adalah saatnya bergerak untuk merespons beragam hasil survei elektabilitas capres-cawapres. “Oh iya, iya, ada dari survei a, survei b, survei c, semua kita kalkulasi. Tugas kami sekarang dari teman-teman partai politik bergerak, dari relawan bergerak,” ujarnya.

Baca juga: Timnas AMIN gelar kenduri rakyat sambut debat perdana

Adapun pasangan Ganjar-Mahfud berkonvoi menggunakan mobil yang berbeda dari Gedung High End menuju lokasi debat pada pukul 18.03 WIB.

Debat pertama Pilpres 2024, Selasa malam, merupakan debat antar-capres dan mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca juga: Jubir AMIN: Anies kuat dalam semua tema debat perdana

KPU juga telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023