Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa fasilitas kapal terapung KM Tatamailau yang disiapkan untuk mendukung acara peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan telah terisi sejumlah 392 orang.

"Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan kedatangan para unsur Kementerian/Lembaga pendukung acara Hari Nusantara," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Antoni Arif Priadi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Antoni mengatakan, dari 1000 pax yang disediakan, sudah ada 992 orang yang reservasi dengan total tamu yang check in sementara sejumlah 392 orang.

Ia juga memastikan kesiapan kapal sebagai akomodasi terapung terutama kebersihan kamar.

Baca juga: ASDP tambah jadwal pelayaran Ternate-Tidore di puncak Harnus

Petugas diinstruksikan untuk mengimbau para tamu secara berkala setiap jam untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar seperti tidak merokok di dalam kamar.

Diketahui, Ditjen Hubla menugaskan PT Pelni untuk menyiagakan Kapal KM Tatamailau sebagai akomodasi terapung mulai tanggal 11-14 Desember 2023 di Pelabuhan Trikora Tidore.

Selain sebagai akomodasi terapung, kapal ini juga menjadi hiburan sementara warga sekitar Pelabuhan Trikora.

Di sela kunjungannya di pelabuhan, Capt Antoni menyempatkan diri untuk berbincang kepada beberapa tamu di antaranya Personil TNI/POLRI dan warga.

Ia meminta kepada para tamu untuk menyampaikan kepada petugas jika ada fasilitas yang dirasa kurang memuaskan.

“Jika ada fasilitas dan pelayanan yang kurang memuaskan, jangan segan-segan untuk memberitahu petugas yang ada,” ujarnya.

Baca juga: Pelni sediakan akomodasi terapung gratis dukung Hari Nusantara 2023

Selain memastikan kesiapan kapal akomodasi terapung, Capt Antoni bersama dengan Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim juga berkesempatan memastikan kesiapan di lokasi acara puncak peringatan Hari Nusantara di Taman Pantai Tugulufa Tidore Kepulauan.

Ia yakin dengan progres kesiapan yang dilakukan peringatan Hari Nusantara dapat berjalan dengan sukses.

Capt. Antoni berharap dengan dukungan Ditjen Perhubungan Laut dapat membantu kelancaran peringatan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan.

Sebagai informasi, Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda pada tahun 1957.

Hari Nusantara dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua memberlakukan kembali Undang-Undang Dasar 1945 di tahun 1959 dan pembentukan kementerian.

Tahun ini Kementerian Perhubungan ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023