Program inkubator dan akselerator hadir di tengah ekosistem start up, membuka peluang dan harapan untuk meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis
Denpasar (ANTARA) - Anak usaha BUMN Telkom, PT Telkomsel memperkuat usaha rintisan di Bali untuk menumbuhkan bisnis yang berkelanjutan melalui pendampingan, peningkatan kapasitas hingga peluang kolaborasi.

“Program inkubator dan akselerator hadir di tengah ekosistem start up, membuka peluang dan harapan untuk meningkatkan potensi pertumbuhan bisnis dan pendanaan lebih lanjut,” kata General Manager Region Network Operations and Productivity Bali dan Nusa Tenggara Telkomsel Hersetyo Pramono di sela pelaksanaan NextDev ke-9 di Denpasar, Rabu.

Program inkubator kepada usaha rintisan yang memasuki tahun kesembilan tersebut ditingkatkan dengan adanya kolaborasi di antaranya bersama ekosistem dari perusahaan telekomunikasi digital itu.

Kolaborasi itu di antaranya untuk pengembangan bakat hingga kelas intensif dengan melibatkan juga para alumni selaku mentor dari program serupa sebelumnya.

Untuk pengembangan bakat, pihaknya membuka pendaftaran hingga 20 Desember 2023 dan pada awal 2024 sembilan usaha rintisan terbaik dari empat tema yakni gaya hidup digital, perdagangan digital, teknologi dan ekosistem kuliner digital, dipilih untuk masuk inkubasi bisnis selama tiga bulan di Akademi NextDev.

Baca juga: Telkom tunjuk Nugroho sebagai Dirut Telkomsel baru

Baca juga: Telkomsel perkuat infrastruktur sambut libur Natal dan Tahun baru


Adapun materinya yakni meningkatkan kapabilitas usaha rintisan dari aspek produk, pemasaran, bisnis dan hingga investasi.

Program NextDev merupakan program tanggung jawab sosial (CSR) Telkomsel yang dirancang sebagai inkubator bagi usaha rintisan yang baru memulai bisnis di tanah air.

Sejak 2015, program NextDev melibatkan lebih dari 6.200 perusahaan rintisan yang baru memulai usaha dan mencatatkan hingga 143 alumni, yang empat di antara alumni itu melanjutkan akselerasi bersama program Tinc sebagai akselerator perusahaan.

Kemudian sebanyak tujuh usaha rintisan berkolaborasi dalam proyek bersama Telkomsel dan 12 usaha rintisan mendapat dukungan tingkat internasional.

Salah satu usaha rintisan dari program tersebut yakni MyEco yang memberikan solusi hemat listrik berbasis internet, mendapatkan medali perunggu di Singtel Group Future Makers 2023 tingkat regional Asia/Pasifik.

Baca juga: Telkomsel kembali luncurkan DCE untuk bantu akselerasi bisnis UKM

Baca juga: Telkomsel dan WeTV hadirkan layanan eksklusif tanpa biaya tambahan


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023