Keberanian untuk melapor itu yang terus kita dorong kepada masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 85 pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak diterima Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Jakarta Barat selama periode Januari hingga Oktober 2023.

Kepala Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk(Sudin PPAPP) Jakarta Barat, Aswarni mengatakan, 85 pengaduan tersebut masuk ke enam posko pengaduan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta Barat (Jakbar).

"Kami sudah terima aduan dari kalangan perempuan dan anak yang mendapat kekerasan fisik dan perundungan," kata Aswani saat dihubungi di Jakarta pada Rabu.

Kekerasan yang diadukan tersebut terdiri dari fisik berupa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan kekerasan seksual serta kekerasan non fisik berupa perundungan.

"Kalau kekerasan fisik itu KDRT dan kekerasan seksual, untuk non fisik itu berupa 'bulliying' atau perundungan," ungkap Aswarni.

Aswarni mengatakan, beberapa pengaduan KDRT juga masuk ke Kepolisian dan hal itu tergantung kemauan korban. "Ada yang mengadu sampai ke Kepolisian juga, tapi semua kembali ke korban KDRT itu," kata Aswarni.

Baca juga: Satpol PP minta warga tidak ragu melapor jika terjadi kekerasan anak
Baca juga: Jakbar dirikan pos P2TP2A tampung aduan kekerasan perempuan dan anak


Ia mengatakan bahwa keberanian korban untuk melapor patut diapresiasi dan harus terus didorong.

"Yang perlu diapresiasi bukanlah tingginya kasus kekerasan khususnya terhadap anak, melainkan bagaimana para korban kemudian berani melapor melalaui kanal-kanal aduan yang disiapkan oleh pemerintah," kata Aswarni.

​Pihaknya terus menggencarkan langkah pencegahan melalui sosialisasi di masyarakat agar melaporkan tindakan kekerasan. "Keberanian untuk melapor itu yang terus kita dorong kepada masyarakat," ungkapnya.

Saat ini terdapat enam posko pengaduan kekerasan di Jakarta Barat, yaitu di RPTRA Utama, RPTRA Kemuning (Kecamatan Cengkareng) dan RPTRA Kembangan Utara di Kecamatan Kembangan.

Selain itu di RPTRA Kalijodo (Kecamatan Tambora), Rusun Pesakih (Kecamatan Kalideres) dan RPTRA Jati Pulo (Kecamatan Palmerah).
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023